sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Jumat, 29 Des 2023 17:11 WIB

Tiongkok tantang Starlink dengan megakonstelasi satelit G60

Tiongkok telah mempercepat upayanya di sektor teknologi luar angkasa, menandai babak baru dalam perlombaan global untuk layanan internet berbasis satelit.

Tiongkok tantang Starlink dengan megakonstelasi satelit G60

Tiongkok telah mempercepat upayanya di sektor teknologi luar angkasa, menandai babak baru dalam perlombaan global untuk layanan internet berbasis satelit. Perkembangan ini terjadi ketika inisiatif satelit megakonstelasi G60 Tiongkok di Shanghai mulai berproduksi, yang secara langsung menantang program SpaceX dari Starlink.

Terletak di basis industri satelit G60, pabrik produksi digital baru di Shanghai, yang didukung oleh pemerintah kota, telah mulai meluncurkan satelit komersial. Dilansir dari Gizmochina (29/12), kemajuan ini merupakan bagian dari strategi Tiongkok yang lebih luas untuk memperkuat posisinya di pasar satelit komersial, yang semakin dipandang sebagai bidang utama dalam inovasi teknologi dan persaingan internasional.

Dengan rencana untuk meluncurkan dan mengoperasikan setidaknya 108 satelit pada tahun 2024, pabrik ini bertujuan untuk membangun rantai industri global yang kompetitif pada tahun 2027. Kapasitas produksi pabrik yang mengesankan yaitu 300 satelit per tahun menandai sebuah langkah maju yang signifikan, secara drastis mengurangi waktu pembangunan satelit dari hitungan bulan menjadi hanya satu setengah hari.

Namun, penting untuk dicatat bahwa tingkat produksi Tiongkok masih tertinggal dibandingkan Starlink milik SpaceX, yang memproduksi enam satelit setiap hari. Kesenjangan ini menyoroti sifat kompetitif sektor ini dan tantangan yang dihadapi Tiongkok dalam mengejar pemain-pemain yang sudah mapan.

Proyek G60 yang ambisius dari Tiongkok, bersama dengan jaringan nasional Guo Wang, menunjukkan tekad negara tersebut untuk menyamai dan berpotensi melampaui Starlink milik Elon Musk. Proyek G60, yang dimulai pada tahun 2016, mendapatkan momentumnya berkat dukungan pemerintah Shanghai dan pentingnya kemampuan manufaktur berteknologi tinggi di kawasan Delta Sungai Yangtze secara strategis.

Mengingat industri informasi dirgantara diperkirakan akan tumbuh secara signifikan pada tahun 2025, upaya Tiongkok dalam sektor ini lebih dari sekadar upaya teknologi; ini adalah langkah strategis dalam lanskap ekonomi global. Megakonstelasi G60 tidak hanya merupakan prestasi dalam teknologi satelit tetapi juga merupakan komponen penting dalam rantai industri yang mencakup layanan data, kecerdasan buatan (AI), dan deep learning, yang penting untuk memproses data dalam jumlah besar dari satelit.

Perkembangan ini menunjukkan semakin pentingnya layanan internet berbasis satelit dan semakin ketatnya persaingan global untuk mendominasi pasar yang sedang berkembang ini. Ketika Tiongkok terus berupaya maju, dunia menyaksikan bagaimana persaingan ini akan membentuk masa depan konektivitas internet global dan supremasi teknologi.

Share
×
tekid
back to top