sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 25 Jul 2022 10:03 WIB

Tiongkok berhasil luncurkan modul kedua stasiun luar angkasa Tiangong

Tiongkok dilaporkan telah berhasil meluncurkan modul Wentian. Ini adalah modul kedua dari stasiun luar angkasa bernama Tiangong.

Tiongkok berhasil luncurkan modul kedua stasiun luar angkasa Tiangong
Ilustrasi: Pixabay

Tiongkok berhasil meluncurkan modul luar angkasa keduanya, yang disebut Wentian, ke stasiun luar angkasa Tiangong pada Minggu pagi. Wentian lepas landas dengan roket Long March 5B dari Situs Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Hainan, Tiongkok pada pukul 14:22 waktu setempat, dan berlabuh di stasiun luar angkasa Tiangong sekitar 13 jam kemudian (pukul 03:13 waktu setempat).

Modul Wentian berisi peralatan yang memungkinkan para astronot Tiongkok untuk melakukan berbagai eksperimen ilmiah selama mereka berada di stasiun tersebut. Dilansir dari The New York Time via The Verge, modul tambahan itu juga akan menyediakan tiga ruang ekstra untuk tidur, serta airlock lain yang dapat digunakan anggota kru untuk melakukan perjalanan ruang angkasa.

Pada bulan Juni, Tiongkok mengirim tiga orang kru Shenzhou 14 ke Tiangong untuk mempersiapkan kedatangan Wentian. Mengtian, modul lab ketiga dan terakhir stasiun, akan diluncurkan pada Long March 5G pada bulan Oktober. Ini akan melengkapi stasiun luar angkasa Tiangong, membentuk struktur berbentuk T setelah modul terakhir merapat.

Ada beberapa kekhawatiran tentang di mana roket besar Long March 5B akan berakhir setelah mengirimkan Wentian. Sementara sebagian besar roket dengan aman menjatuhkan bagian bawahnya ke laut, roket jenis ini melakukan hal yang berbeda. Seperti yang dicatat SpaceNews, ia mengirimkan muatannya dengan meluncurkan seluruh tahap pertama ke orbit rendah Bumi, tanpa cara untuk mengarahkan atau mengontrol pergerakannya ketika jatuh ke Bumi.

Pada tahun 2020, roket itu disalahkan atas puing-puing logam yang berakhir di Pantai Gading. Ini juga membuat pembuangan yang tidak terkendali ke Samudra Hindia setelah mengirimkan modul inti Tianhe ke luar angkasa tahun lalu.

Share
×
tekid
back to top