Tesla resmi perkenalkan Model Y

Tesla akhirnya memperkenalkan Model Y secara resmi. Mobil listrik ini sendiri baru akan dijual pada 2020 mendatang.

Tesla resmi perkenalkan Model Y Source: Digital Trends

Tesla akhirnya mengumumkan produk kelimanya dengan nama Model Y. Mobil listrik ini hadir dengan konsep SUV, seperti yang pernah diutarakan oleh Elon Musk. Mobil listrik yang akan dijual seharga USD47,000 ini diklaim bisa melaju sampai jarak 300 mil atau 482 km dalam satu kali pengisian daya.

Dilansir dari TheVerge (15/3), ada tiga versi yang ditawarkan Tesla untuk Model Y, versi jarak jauh, versi dual motor AWD yang dijual seharga USD51 ribu dan versi performa dengan harga USD60 ribu. Versi-versi tersebut kabarnya akan mulai dijual pada 2020 mendatang. Sementara, versi lain dengan harga lebih murah, yakni USD39 ribu, bakal hadir di tahun 2021 dengan jarak tempuh 370 km baru akan tersedia pada 2021.  Untuk diketahui, versi performa dapat melaju hingga kecepatan 60 mph dalam waktu 3,5 detik.


BACA JUGA

Elon Musk sesumbar ekspansi ke India tahun ini

Tak mau kalah dari Tesla, Fisker juga punya SUV elektrik

Tesla tambah kemampuan jarak tempuh Model 3


Elon Musk mengatakan bahwa Model Y akan lebih lega ketimbang Model 3, namun dimensinya tidak lebih besar dari Model X. Untuk diketahui, Model Y memiliki 7 kursi, yang sudah didemonstrasikan di Los Angeles.  Layaknya mobil Tesla lainnya, Model Y juga akan mendukung teknologi Autopilot. Namun Elon Musk menekankan bahwa penerapannya masih membutuhkan persetujuan dari otoritas setempat di mana Tesla dijual.

Untuk diketahui, Tesla berhasil mendominasi angka penjualan di kawasan Eropa dan Amerika. Di Amerika, Tesla mengklaim Model 3 menjadi produk paling laku di tahun 2018. Itu pun baru di kawasan Amerika Utara saja.

Sementara itu, baru-baru ini Model 3 Tesla juga didapuk berhasil merajai pasar mobil listrik di kawasan Eropa, terutama Norwegia. Di benua biru tersebut, Tesla bahkan berhasil mengungguli Nissan Leaf yang selama ini menduduki peringkat pertama.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: