Tesla naikkan harga tiga model awal mobil listriknya

Tesla mengumumkan akan menaikkan harga tiga model lamanya. Hal ini dilakukan agar toko fisik Tesla tetap buka dan dapat menjual Model 3 dengan harga terjangkau.

Tesla naikkan harga tiga model awal mobil listriknya Source: Google

Tesla yang sebelumnya dikabarkan akan menutup toko fisiknya justru mengambil langkah lain. Perusahaan mobil listrik ini akhirnya menaikkan harga Tesla sebanyak 3 persen di seluruh dunia. Kenaikan harga tersebut akan berlaku mulai 18 Maret.

Langkah yang diambil Tesla merupakan salah satu upaya yang digagas untuk menjaga toko-toko fisik Tesla tetap buka. Adapun mobil listrik Tesla yang mengalami kenaikan harga adalah Tesla Model 3s, Model X dan Model S. Pilihan tersebut muncul setelah dilakukan evaluasi selama dua minggu dari setiap retail Tesla yang ada.


BACA JUGA

Tesla berikan update software usai insiden kebakaran

Canggihnya fitur Enhanced Summon milik Tesla

Tesla khawatir bahan baku baterai mobil listrik makin sedikit


Untuk diketahui, bulan lalu Tesla mengumumkan akan menutup seluruh tokonya dan memulai penjualan secara online saja. Dengan cara ini diharapkan dapat menurunkan harga jual mobil Tesla sebesar 6 persen. Hal tersebut dilakukan agar Tesla dapat menjual Model 3 seharga USD35.000. Perusahaan ini sendiri tidak menjelaskan mengapa memilih opsi menaikkan harga ketimbang menjual mobil Tesla secara online.

Kendati begitu, Tesla menyatakan tetap menjual mobil secara online. Untuk saat ini, mereka yang membeli salah satu dari ketiga model Tesla tersebut akan tetap mendapatkan harga awal sebelum naik.

“Selama dua minggu terakhir, kami telah mengevaluasi dengan cermat setiap lokasi ritel tesla, dan kami telah memutuskan untuk tetap membuka lebih banyak toko secara signifikan daripada yang diumumkan sebelumnya karena kami terus mengevaluasi toko-toko tersebut selama beberapa bulan.” tulis Tesla dalam blog resminya.

Beberapa toko yang sebelumnya pernah ditutup pun akan dibuka kembali, tetapi dengan jumlah pekerja yang lebih sedikit.

Hal ini tampaknya tidak sejalan dengan master plan yang pernah diumumkan Elon Musk beberapa tahun lalu. Kala itu, Elon Musk menyatakan untuk membuat mobil listrik dengan harga terjangkau. Elon Musk ingin agar generasi terbaru Tesla dibanderol dengan harga lebih murah, tanpa menyebutkan untuk menaikkan harga generasi awal Tesla yang memang sudah cukup mahal.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: