Tesla bakal segera umumkan Model Y

Tesla akhirnya memastikan akan menghadirkan Model Y menjelang pertengahan Maret. Di hari yang sama, generasi ketiga SuperCharger juga akan diperkenalkan Tesla.

Tesla bakal segera umumkan Model Y Source: Twitter

Tesla dipastikan akan memperkenalkan Model Y dengan konsep SUV pada 14 Maret mendatang. Model Y akan menjadi generasi terbaru mobil listrik Tesla. Untuk diketahui, Model Y merupakan seri mobil listrik kelima yang berhasil diproduksi Tesla.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, sekitar 75 persen komponen Model Y akan sama dengan komponen Model 3. Elon Musk sendiri mengatakan bahwa Model Y akan memiliki dimensi 10 persen lebih lebar. Tentu dengan begitu, harga jualnya 10 persen lebih mahal dari Model 3.


BACA JUGA

Supercharger versi baru Tesla dilengkapi panel surya

Tesla minta Apple bantu gugat mantan karyawannya

Mantan karyawan Tesla ambil data Autopilot perusahaan


Sejauh ini, Tesla belum memberikan spesifikasi detail untuk mobil listrik satu ini. Namun berdasarkan keterangan Elon Musk, jangkauan jarak Model Y tidak akan sejauh seperti pada Model 3. Tak hanya Model Y, di hari yang sama Elon Musk juga akan memperkenalkan truk pickup pertama Tesla.

Sampai saat ini, Tesla hanya memberikan satu gambar yang diklaim merupakan desain Model Y, dengan siluet hitam dan putih. Itupun hanya berlangsung sementara. Gambar yang diunggah Elon Musk ke akun Twitternya, beserta keterangan bertuliskan "Model Y” langsung dihapus oleh CEO Tesla tersebut.

Selain Model Y dan truk pickup, Tesla juga bakal mengungkapkan generasi ketiga teknologi SuperCharger-nya. SuperCharger ini kabarnya akan mulai bisa digunakan pada 6 Maret, di lokasi yang belum diketahui sampai saat ini.

Generasi ketiga SuperCharger diklaim dapat mengisi daya mobil listrik dengan kecepatan 350 kW atau lebih. Hal ini dilakukan untuk menghadapi persaingan dengan beberapa manufaktur lain seperti Porsche dan Volkswagen. Porsche menyatakan akan membangun charger 350 kW untuk mobil sport listrik besutannya. Sementara Volkswagen telah mulai mengembangkan charger dengan kecepatan di antara 150 kW dan 350 kW.

Sebagai pembanding, saat ini Supercharger Tesla mampu mengeluarkan daya 145 kW. Namun mobil listrik Tesla hanya mampu menerima sebanyak 120 kW saja sejauh ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: