sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Jumat, 21 Jul 2023 18:08 WIB

Tesla bakal lisensikan teknologi mobil otonom ke pabrikan lain

Tesla dilaporkan berencana untuk melisensikan teknologi sistem Full Self-Driving mereka kepada pembuat mobil lain.

Tesla bakal lisensikan teknologi mobil otonom ke pabrikan lain

Dalam pengumuman selama panggilan investor Q2 2023 Tesla, CEO perusahaan Elon Musk mengungkapkan bahwa Tesla berencana untuk melisensikan sistem Full Self-Driving kepada pembuat mobil dan OEM lainnya.

"Kami sangat terbuka untuk melisensikan perangkat lunak dan perangkat keras FSD kami ke perusahaan mobil lain," kata Musk sebagaimana dilansir dari Engadget, "dan kami sudah berdiskusi dengan OEM besar tentang penggunaan Tesla FSD." Musk juga mengumumkan "amnesti satu kali", selama Q3 yang akan memungkinkan pemilik untuk mentransfer langganan FSD mereka yang sudah ada ke Tesla yang baru dibeli.

Tesla tetap menjadi produsen kendaraan listrik AS teratas dengan rekor internal baru 479.700 kendaraan yang dibuat dan 466.140 di antaranya dikirimkan pada Q2, naik sekitar 87% YoY. Selama panggilan tersebut, CEO Elon Musk mengatakan bahwa selama Q1, Model Y menjadi kendaraan terlaris "dalam bentuk apa pun ... melebihi Corolla."

Cybertruck produksi pertama diluncurkan dari jalur perakitan kuartal ini juga, meskipun kita tidak dapat melihat banyak kendaraan tersebut dari foto rilis resminya. Jalur Cybertruck telah memasuki proses melengkapi tool, dan diperkirakan akan memulai produksi yang stabil tahun depan.

Tesla saat ini sedang menguji jalur kendaraan menjelang sertifikasi dan validasi peraturan. "Ini adalah truk pertama, yang kami ketahui, yang akan memiliki empat pintu, dengan tempat tidur dua meter tetapi muat ke dalam garasi setinggi 6 meter," kata Musk. "Ini lebih besar di luar, tetapi lebih besar lagi di dalam."

Perusahaan itu menjadi berita utama di Q2 setelah membuka desain port pengisian daya yang sebelumnya eksklusif untuk mobil sendiri. Mobil listrik Mercedes, Volvo, Rivian, Ford, dan GM akan menggunakan desain tersebut untuk model Amerika Utara mereka mulai tahun model 2024. Texas melangkah lebih jauh dengan meminta stasiun pengisian mobil listrik yang didanai negara mengakomodasi standar itu. Kapasitas stasiun jaringan pengisian daya Tesla telah tumbuh sepertiga dari waktu ini tahun lalu, dengan total 48.082 pengisi daya yang tersebar di 5.265 stasiun, secara global.

Kuartal terakhir ini telah melihat sejumlah skandal di perusahaan termasuk para eksekutifnya dituduh dibayar lebih dari $735 juta sejak 2017 serta Elon dicurigai menyalahgunakan dana perusahaan untuk membangun rumah kaca pribadi. Ini bukan laboratorium mewah, bukan metafora untuk Twitter, tetapi "rumah kaca" dalam arti sesungguhnya.

Keterangan investor hari Rabu secara khusus mencatat "komitmen Tesla untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan AI" dengan dimulainya produksi untuk komputer pelatihan Dojo, yang akan digunakan untuk membantu pengembang Autopilot mengulangi desain dan fitur di masa mendatang. "Pengembangan kecerdasan buatan kami sedang memasuki era baru dan kami sangat bersemangat tentang apa yang akan datang," kata Musk.

Share
×
tekid
back to top