Tesla akan buat sel baterai sendiri

Tesla dilaporkan sedang berupaya untuk membuat sel baterai sendiri. Jika berhasil, hal ini akan membuat Tesla mampu menawarkan mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau.

Tesla akan buat sel baterai sendiri Source: Google

Tesla sedang bekerja untuk membuat baterai sendiri, berdasarkan laporan dari lima pegawai dan satu mantan karyawan Tesla. Langkah ini akan membantu Tesla untuk menawarkan mobil listrik yang lebih murah namun memiliki performa yang lebih tinggi dari yang ada saat ini. 

Untuk diketahui, selama ini Tesla mengandalkan Panasonic sebagai pemasok sel baterai untuk mobil listriknya. Hal itu sudah berlangsung  sejak tahun 2014. Kerja sama itu mengharuskan Tesla untuk membayar dan berbagi data kepada Panasonic. Jika upaya pembuat sel baterai ini berhasil, Tesla tak lagi harus melakukan hal tersebut. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Tesla masuk daftar 10 merek terpercaya

Aplikasi Tesla gagalkan pencurian mobil

Tesla Supercharger hasilkan 72 GWh listrik dalam sebulan


CNBC (27/6) melaporkan bahwa perusahaan milik Elon Musk itu sudah mengalami kendala kekurangan baterai sejak beberapa waktu silam. Kendala tersebut berujung pada terbatasnya produksi mobil Tesla. Pasalnya sel baterai yang sama juga digunakan oleh Elon Musk untuk membangun infrastruktur lain, seperti Powerwalls da Powerpacks.m

Jika mau ditarik ke belakang, upaya pembuatan baterai ini rupanya akan sejalan dengan misi besar Elon Musk ketika mendirikan Tesla, yakni menyediakan mobil listrik dengan harga yang terjangkau. 

Untuk diketahui, berdasarkan riset IHS Market, baterai merupakan komponen paling penting untuk sebuah mobil listrik. Namun Tesla akan menghadapi tantangan lain, yakni memproduksi sel baterai dalam jumlah besar. 

Untuk itu, Tesla membangun pusat penelitian khusus untuk mengembangkan sel baterai sendiri. Tim tersebut saat ini sedang fokus untuk mendesain dan membuat purwarupa baterai lithium ion. Bahkan Tesla sudah mengakuisisi perusahaan pembuat baterai dan powertrain bernama Maxwell Technologies untuk melancarkan langkahnya dalam membuat sel baterai sendiri. 

 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: