sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Jumat, 15 Sep 2023 19:11 WIB

Tentara AS dilengkapi teknologi AR untuk perang

Baru-baru ini, diumumkan bahwa Angkatan Darat AS memesan lagi kacamata AR canggih dari Microsoft yang dirancang untuk situasi pertempuran.

Tentara AS dilengkapi teknologi AR untuk perang

Popularitas teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) semakin meningkat setiap hari. Hal ini mengarah pada perspektif dan penerapan baru. Namun salah satu penerapan yang paling menarik adalah penggunaan teknologi ini oleh Angkatan Darat Amerika Serikat.

Dilansir dari Gizmochina (15/9), mereka telah menggunakan teknologi tersebut untuk melatih tentara sejak lama. Baru-baru ini, diumumkan bahwa Angkatan Darat AS memesan lagi kacamata AR canggih dari Microsoft yang dirancang untuk situasi pertempuran.

Sebenarnya kesepakatan Microsoft dengan Angkatan Darat AS bukanlah hal yang mengejutkan. Apalagi dalam hal kecerdasan buatan (AI). Sejauh ini perusahaan itu telah menandatangani banyak perjanjian bernilai miliaran dolar dengan Kementerian Pertahanan. Kini, Angkatan Darat AS telah memesan kepada Microsoft untuk kacamata realitas campuran (mixed reality).

Pesanan baru ini bernilai $125 juta dan akan digunakan untuk mengembangkan lebih lanjut Integrated Visual Augmented System (IVAS), yang merupakan headset mixed reality guna meningkatkan kesadaran situasional kepada tentara. Headset IVAS didasarkan pada teknologi Microsoft HoloLens dan dilengkapi sejumlah fitur yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan efektivitas tentara dalam pertempuran.

Headset IVAS telah dikembangkan selama beberapa tahun dan telah menjalani pengujian ekstensif oleh Angkatan Darat AS. Pada bulan Agustus 2023, Angkatan Darat memberi Microsoft kontrak senilai $40 juta untuk meningkatkan desain headset dan mengatasi beberapa masalah yang dihadapi oleh tentara selama pengujian.

Perintah baru dari Angkatan Darat AS akan memungkinkan Microsoft untuk melanjutkan pengembangan headset IVAS dan membawanya lebih dekat ke penerapan. Angkatan Darat AS berencana untuk mulai mengirimkan headset IVAS kepada tentara pada tahun 2025.

Berikut adalah titur-fitur IVAS:

1. HUD yang dapat memproyeksikan informasi seperti peta, posisi musuh, dan pasukan kawan langsung ke bidang pandang prajurit.

2. Kamera pencitraan termal yang dapat digunakan untuk melihat dalam kondisi minim cahaya.

3. Pengukur jarak laser yang dapat digunakan untuk mengukur jarak ke target.

4. Sebuah sistem komunikasi yang memungkinkan tentara untuk tetap berhubungan satu sama lain dan dengan markas komando.

Share
×
tekid
back to top