Teknologi hologram, kunci untuk komputer kuantum masa depan

Sejumlah peneliti berhasil menemukan cara untuk memanfaatkan teknologi hologram ke aplikasi komputer kuantum.

Teknologi hologram, kunci untuk komputer kuantum masa depan Source: Google

Terobosan baru dalam mempelajari cahaya mungkin akan menjadi tiket menuju masa depan komputasi kuantum. Terobosan itu berhasil dilakukan oleh sejumlah peneliti di EPFL. Mereka menemukan cara untuk menentukan bagaimana cahaya berperilaku di luar batasan gelombangnya.

Dilansir dari Engadget (6/5), langkah ini diprediksi akan membuka pintu untuk pengkodean data kuantum dengan menggunakan hologram, layaknya dalam film sains fiksi. Secara teori, tim peneliti tersebut akan mengambil keuntungan dari interaksi yang dibuat antara elektron dengan cahaya. Teknik tersebut memungkinkan para peneliti untuk menggunakan cahaya untuk mengenkripsi info dari gelombang elektron dan memetakannya menggunakan mikroskop elektron.


BACA JUGA

NASA waspada, asteroid besar mendekati bumi

Ilmuwan kembangkan cara untuk ukur tekanan darah lewat selfie

Saking panasnya, logam berat menguap di planet ini


Untuk diketahui, teknik yang mempelajari cahaya dan ekstraksi informasi dalam bentuk 3D sejauh ini masih dibatasi oleh panjang gelombang. Nah, teknik baru itu dapat menghasilkan resolusi yang jauh lebih tinggi ketimbang teknik yang ada sebelumnya. Bahkan teknik ini memungkinkan proyeksi hologram untuk objek yang bergerak dengan cepat.

Pendekatan ini sebenarnya masih sangat awal. Bisa saja, pendekatan ini tidak sampai pada komputer kuantum. Namun hal itu cukup memberi petunjuk bahwa manusia bisa memiliki komputer kuantum dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Pasalnya, komputer kuantum saat ini memiliki ukuran yang sangat besar.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Sains