sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Senin, 26 Okt 2020 11:07 WIB

Taplak pintar ini bisa deteksi benda di atasnya

Peneliti Microsoft berhasil kembangkan taplak pintar yang bisa mendeteksi benda di atasnya. Ini akan menjadi variasi tambahan bagi perangkat smart home.

Taplak pintar ini bisa deteksi benda di atasnya

Perangkat pintar saat ini terus dikembangkan. Perangkat-perangkat ini diharapkan bisa memberikan pengalaman yang baik serta menunjang keseharian para penggunanya, termasuk taplak pintar yang berhasil dikembangkan peneliti dari Microsoft dan beberapa universitas lainnya. 

Taplak ini bukan taplak biasa. Diberi nama Capacitivo, taplak ini didesain untuk dapat mendeteksi makanan, minuman dan berbagai objek lain yang diletakkan di atasnya, hanya berdasarkan kontak dengan benda-benda tersebut. Capacitivo dibekali dengan kombinasi elektroda kapasitif dan machine learning untuk mengukur, baik material dan bentuk benda di atasnya. 

Para peneliti memiliki visi untuk menyediakan perangkat yang dapat membantu selama memasak. Nantinya taplak ini akan dikombinasikan aplikasi yang dapat memberitahu pengguna makanan apa yang berada di atas meja. Tidak hanya itu, para peneliti ini juga ingin membuat Capacitivo berperan sebagai perangkat pengingat. 

Dalam salah satu visi peneliti tersebut, Capacitivo akan dapat memberitahu pengguna untuk beberapa benda yang ditinggalkan di atasnya. Misalnya, pengingat untuk mencuci mangkuk atau piring kotor yang tertinggal. Atau, mengingatkan pengguna untuk membawa barang yang tertinggal. 

Dilansir dari Engadget (26/10), meski begitu proyek ini masih memiliki keterbatasan. Saat ini Capacitivo belum dapat mengenali objek metalik dan tidak akan bekerja pada benda seperti buku atau benda dengan bentuk kotak lainnya. Capacitivo juga memiliki kendala dengan kartu kredit dan benda lain yang tidak memiliki jejak kapasitas yang jelas. 

Capacitivo masih terus dikembangkan oleh para peneliti ini. Mereka berharap di masa depan, perangkat ini dapat mengenali objek metal dan memungkinkan input sentuhan. Jika saatnya tiba, Capacitivo menjadi pelengkap dari sekian banyak perangkat smart home yang ada saat ini. 
 

Share
×
tekid
back to top