Taksi listrik di Norwegia dukung wireless charging

Bukan hanya ponsel, kali ini mobil listrik pun dapat dicharge dengan teknologi wireless charging. Norwegia bakal jadi negara pertama yang menerapkannya.

Taksi listrik di Norwegia dukung wireless charging Source: Fortum

Norwegia akan menjadi negara pertama di dunia yang menerapkan teknologi wireless charger. Bukan untuk ponsel, tetapi untuk mobil! Ya, taksi elektrik di negara ini bakal hadir dengan teknologi pengisian daya nirkabel. Cara ini diharapkan dapat mempercepat waktu pengisian daya dan cukup efisien sehingga mempersingkat waktu untuk menunggu taksi tersebut.

Dilansir dari Reuters (22/3), proyek tersebut akan menggunakan teknologi induksi, dengan sejumlah plat pengisian daya yang dipasang di jalan. Nantinya, lempengan tersebut akan ditempatkan di area di mana taksi biasa berhenti untuk menunggu penumpang. Sementara di bagian taksi akan dipasang alat yang akan menerima asupan daya listrik tersebut.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota desain ulang Mirai demi saingi Tesla

Boeing dan Porsche kembangkan mobil listrik terbang

Dyson tidak jadi bikin mobil listrik


Untuk diketahui, Fortum adalah lembaga milik pemerintah Finlandia yang menjalin kerja sama dengan pemerintah kota Oslo. Fortum merupakan perusahaan energi yang bergerak di kawasan Baltik, Nordik, Polandia, Rusia dan India. Perusahaan ini pula lah yang menghadirkan taksi listrik di Norwegia.

Proses induksi dinilai lebih efisien dari segi konsumsi energi dan memungkinkan proses charging selama mereka bergerak perlahan di atas lempeng charger itu. Diperkirakan waktu yang dibutuhkan lebih singkat, ketimbang harus menuju stasiun pengisian daya, menyambungkannya dan menunggu baterai terisi.

Untuk diketahui, Norwegia  merupakan negara dengan kepemilikan mobil listrik terbanyak di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar lima juta orang, Norwegia tercatat telah membeli 43.143 kendaraan listrik di tahun 2018. Angka tersebut kemudian disusul oleh Jerman sebanyak 36.216 dan Prancis dengan total pembelian 31.095.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: