Tak hanya di mobil, AI kini ada di helm motor

Para pengendara kendaraan roda dua akan dapat mengontrol smartphone mereka melalui AI yang ada di dalam helm.

Tak hanya di mobil, AI kini ada di helm motor Jarvish X-AR (Skully)

Teknologi AI kini sudah mulai disematkan di dalam kendaraan. Berbagai industri otomotif sudah mulai menyematkan asisten digital pribadi, seperti Google Assistant dan Apple Siri sudah menemani para pengendara untuk mencapai tujuan mereka.

Tapi, saat ini teknologi AI tak hanya hadir di kendaraan roda empat saja. Para pengendara kini juga dapat ditemani AI selama perjalanan mereka. Baru-baru ini, perusahaan bernama Skully telah mengembangkan helm bertenaga AI bernama Jarvish.


BACA JUGA

Paradoks enterprise data

Ilmuwan ciptakan AI yang bisa edit foto nyaris sempurna

Bos Google sebut masyarakat belum siap terima AI


Perusahaan Taiwan itu berjanji akan memperkenalkan dua helm tahun depan. Yang pertama adalah Jarvish X yang dihargai USD799 atau sekitar Rp12,2 juta. Helm ini datang dengan aktivasi suara dan dukungan untuk Siri, Google Assistant, dan Alexa.

Pengendara dapat menanyakan arah dan laporan cuaca, dan mereka dapat mengontrol pemutaran media pada smartphone mereka.

Satu helm lagi adalah Jarvish X-AR yang dijual USD2,599 atau Rp39,7 juta. Selain dilengkapi kontrol suara, helm ini juga dilengkapi dengan tampilan di layar, yang dapat dibagi dua untuk memperlihatkan kecepatan dan arah secara bersamaan.

Tak ketinggalan, Jarvish X-AR memiliki kamera di bagian belakang yang berfungsi seperti kaca spion bagi pengendara, yang akan ditampilkan di depan layar. Hal ini akan membuat pengendara kendaraan roda dua lebih aman. Tapi Skully berjanji akan menyematkan kamera di bagian depan bagi mereka yang ingin merekam perjalanan atau berbagi foto dan video.

Soal daya tahan, kedua helm yang terbuat dari serat karbon ini akan membuat Jarvish X akan berlangsung selama lebih dari enam jam dan Jarvish X-AR akan bertahan hingga empat jam.

Bagi Anda yang tak sabar untuk mendapatkan helm ini, Engadget (8/10) menyatakan bahwa Jarvish X akan dapat di pre-order melalui Kick Starter pada Januari dan Jarvish X-AR pada pertengahan 2019.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: