Superkomputer bisa tampilkan jutaan alam semesta virtual

Untuk mengetahui perkembangan Galaxy di alam semesta, ilmuan memanfaatkan superkomputer yang mampu memproyeksikan jutaan alam semesta mini.

Superkomputer bisa tampilkan jutaan alam semesta virtual Source: Pexels

Cara memahami perkembangan galaksi adalah mensimulasikan sebanyak mungkin alam semesta. Para peneliti di University of Arizona telah menggunakan superkomputer “UniverseMachine” yang menghasilkan jutaan alam semesta mini untuk melihat seberapa baik mereka memproyeksikan kosmos yang sebenarnya.

Dilansir dari Engadget (12/8), setiap alam semesta virtual memiliki seperangkat aturan yang berbeda, dan sebagian besar masalah proyeksi dari superkomputer ini adalah, belum adanya simulasi yang paling dekat dengan data nyata. Produksi sekitar 8 juta alam semesta yang disimulasikan memakan waktu ‘hanya’ tiga minggu.


BACA JUGA

Teleskop terbesar di dunia sebentar lagi selesai dibuat

NASA turun tangan bantu perusahaan penerbangan antariksa

Virgin Galactic dapatkan investasi USD800 juta


Selain membantu memahami bagaimana galaksi berevolusi, pendekatan ini juga menampilkan teori yang ada. Untuk memulai menggunakannya, galaksi dapat menghasilkan bintang yang jauh lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya. Formasi bintang yang seharusnya berakhir berabad-abad lalu di bawah model yang ada, dan materi gelap mungkin tidak begitu berbeda dengan formasi di era awal alam semesta.

Para ilmuwan tidak perlu membuang pengetahuan mereka saat ini. Mungkin ada kesenjangan dalam data, dan akan ada banyak ruang untuk detil yang lebih halus suatu saat nanti, karena kinerja komputasi yang meningkat. Meski begitu, hasil awal superkomputer ini masih bisa memberikan keuntungan bagi ilmu pengetahuan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: