sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 14 Mar 2023 10:07 WIB

SpaceX siap uji layanan satelit-ke-seluler Starlink

Perusahaan luar angkasa SpaceX dikatakan telah mempersiapkan untuk menguji coba layanan satelit-ke-seluler untuk konektivitas di zona mati.

SpaceX siap uji layanan satelit-ke-seluler Starlink

Musim panas lalu, Elon Musk dan CEO T-Mobile Mike Sievert mengumumkan "Coverage Above and Beyond," sebuah inisiatif bersama yang bertujuan untuk menghadirkan perangkat T-Mobile yang kompatibel dengan jangkauan satelit Starlink. Sekarang, SpaceX bersiap untuk mulai menguji layanan satelit-ke-selulernya.

Selama rapat panelis di Satellite Conference and Exhibition 2023, SpaceX VP dari penjualan perusahaan Starlink Jonathan Hofeller mengatakan perusahaan memiliki rencana untuk "mulai menguji" layanan satelit-ke-selulernya tahun ini. "Kami akan belajar banyak dengan melakukan - tidak harus dengan menganalisis secara berlebihan, dan melakukan partnership, bekerja dengan perusahaan telekomunikasi."

Dilansir dari Engadget (14/3), Hofeller tidak secara spesifik mengatakan Telco SpaceX mana yang bekerja sama, tetapi garis waktu pasti sejalan dengan visi awal Musk untuk kemitraan T-Mobile. Pada bulan Agustus, dia berjanji bahwa Starlink V2 akan diluncurkan pada tahun 2023 dan akan "mentransmisikan langsung ke ponsel, menghilangkan zona mati di seluruh dunia".

Pada saat itu T-Mobile mengatakan layanan tersebut akan memberikan operator "cakupan hampir lengkap" di sebagian besar Amerika Serikat, khususnya menyoroti area yang terkenal sulit untuk menemukan sinyal: Taman Nasional, pegunungan, gurun, dan lokasi terpencil lainnya.

Di sisi lain, panelis tampak optimis tentang masa depan teknologi satelit-ke-seluler. CEO Lynk Global Charles Miller mengatakan bahwa layanan seluler satelit berpotensi menjadi "kategori terbesar dalam satelit", dan CEO Iridium Matt Desch melihat layanan satelit seluler hanya sebagai permulaan. "Satelit kemungkinan menghubungkan semuanya di mana-mana," katanya pada acara tersebut, membayangkan teknologi yang terhubung ke komputer, kendaraan, dan lainnya.

Share
×
tekid
back to top