sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Selasa, 02 Feb 2021 09:48 WIB

SpaceX punya misi penerbangan awak sipil pertama

Inspiration4 merupakan misi penerbangan awak sipil pertama oleh SpaceX yang akan mengorbit planet tanpa astronot profesional.

SpaceX punya misi penerbangan awak sipil pertama

Setelah meluncurkan astronot NASA untuk pertama kalinya dengan Crew Dragon, kini SpaceX untuk pertama kalinya akan membawa awak yang merupakan masyarakat sipil. Ya, Anda bisa saja menjadi salah satu dari kru. Ini merupakan misi penerbangan 4 awak sipil, bernama Inspiration4. Misi ini dijadwalkan lepas landas pada akhir 2021, tanpa astronot profesional. SpaceX mengumumkan, misi tersebut menggunakan pesawat ruang angkasa Dragon dengan roket Falcon 9.

Misi akan diluncurkan dari Launch Complex 39A di Pusat Antariksa Kennedy Nasa, Florida. Peluncuran akan dipantau setiap langkahnya oleh kontrol misi SpaceX saat pesawat mengorbit planet setiap 90 menit di sepanjang jalur penerbangan yang disesuaikan. Setelah menyelesaikan perjalanan beberapa hari, Dragon akan memasuki kembali atmosfer Bumi untuk mendarat di landasan perairan pantai Florida.

Nantinya, empat awak sipil yang terpilih akan menerima pelatihan tentang peluncuran dan pengenalan roket Falcon 9, pesawat Dragon, pakaian ruang angkasa, kesiapsiagaan darurat, latihan keluar masuk pesawat ruang angkasa, serta simulasi misi.

Dilansir Business Wire (2/2), satu dari empat kursi telah terisi oleh Jared Isaacman, CEO Shift4 Payments. Tiga kursi lainnya merupakan sumbangan dari perusahaan Isaacman dalam rangka memberikan harapan kepada para anak penyandang Kanker.

“Inspiration4 adalah realisasi dari impian seumur hidup dan langkah menuju masa depan di mana siapapun dapat menjelajah dan menjelajahi bintang. Saya menghargai tanggungjawab luar biasa yang datang dengan menjalankan misi ini dan Saya ingin menggunakan momen bersejarah ini untuk menginspirasi umat manusia sambil membantu mengatasi kanker anak-anak di Bumi,” kata Isaacman.

Isaacman tidak memilih kru sepenuhnya secara acak. Sebaliknya, pelamar dapat menyumbang ke Rumah Sakit St. Jude untuk mendapatkan kesempatan kursi kru. Ini dikarenakan, misi tersebut merupakan salah satu bentuk amal SpaceX bersama Isaacman.

Di samping itu, kursi lain juga disediakan untuk wirausahawan yang memulai toko online menggunakan pembayaran Shift4. Mereka perlu mengajukan bukti berupa unggahan video berisi kisah wirausaha mereka ke Twitter. Pemenang seluruh kursi yang tersisa akan diumumkan pertengahan Maret.

Tag
Share
×
tekid
back to top