SpaceX makin mendekati pelaksanaan misi ke Mars

SpaceX baru saja menguji coba roket Raptor yang akan digunakan Starship untuk menjalani misi ke Mars.

SpaceX makin mendekati pelaksanaan misi ke Mars Source: SpaceX

Wacana melaksanakan misi kolonisasi di Mars bukan perkara yang mudah diwujudkan. Ada banyak indikator agar misi SpaceX ini dapat berhasil dengan baik. Salah satunya adalah dengan menyiapkan energi pendorong roket yang besar. Bisa dibilang, sektor ini merupakan unsur terpenting dari inisiasi misi tersebut.

Belum lama ini SpaceX berhasil menguji coba mesin roket Raptor. Mesin inilah yang akan menjadi blok utama pesawat luar angkasa Starship yang bakal didapuk menjalankan misi ke Mars. Untuk pertama kalinya, mesin Raptor berhasil dinyalakan.


BACA JUGA

Mesin milik SpaceX terbakar saat uji coba

Ini dia tantangan Crew Dragon saat memasuki atmosfer Bumi

Crew Dragon milik SpaceX berhasil mendarat di ISS


Untuk diketahui, beberapa waktu lalu, Elon Musk memamerkan pesawat Starship melalui akun Twitter pribadinya. Pesawat ini didesain untuk membawa 100 orang ke Mars. Sengaja dibuat agar dapat digunakan lagi, Starship juga bakal dibekali dengan roket Super Heavy. Roket ini diklaim cukup kuat untuk mengangkat muatan sebesar 100 metrik ton ke orbit rendah Bumi.

Saat ini, versi purwarupa Starship baru dibekali dengan tiga roket Raptor. Desain final yang dibuat SpaceX menyatakan bahwa pesawat ini nantinya memiliki tujuh roket Raptor dan 31 pendorong Super Heavy.

Dalam akun Twitter pribadinya, Elon Musk kembali membagikan perkembangan misi kolonisasi di Mars. Ia membagikan sebuah video yang menunjukkan uji coba roket Raptor untuk pertama kali. Simak videonya di bawah ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: