sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 10 Des 2021 14:45 WIB

SpaceX luncurkan teleskop NASA untuk amati lubang hitam

Dengan mengamati lubang hitam, IXPE akan membantu para ilmuwan mendapatkan lebih banyak wawasan dan memperluas pengetahuan umat manusia.

SpaceX luncurkan teleskop NASA untuk amati lubang hitam

Roket SpaceX Falcon 9 meluncur dengan satelit Imaging X-Ray Polarimetry Explorer (IXPE) milik NASA. Pertama kali diumumkan pada tahun 2017, IXPE adalah satelit pertama yang mampu mengukur polarisasi sinar-X yang berasal dari sumber kosmik, seperti lubang hitam dan bintang neutron.

Satelit seukuran lemari es ini memiliki tiga teleskop yang dapat melacak dan mengukur arah, waktu tiba, energi, dan polatisasi cahaya. Ketika data dari semua teleskop itu digabungkan, NASA dapat membentuk gambar yang memberi kita lebih banyak wawasan tentang bagaimana benda-benda langit misterius – yang memancarkan sinar-X – berkerja. Misalnya, mereka berharap dapat memberi kita pandangan yang lebih menyeluruh pada struktur Nebula Kepiting, sisa supernova dengan bintang neutron yang berputar cepat di pusatnya.

Dengan mengamati lubang hitam, IXPE akan membantu para ilmuwan mendapatkan lebih banyak wawasan dan memperluas pengetahuan umat manusia di wilayah luar angkasa yang masih belum diketahui. Ini bisa memberikan petunjuk mengapa mereka berputar dan bagaimana mereka melahap materi kosmik, meskipun itu juga bisa mengarah pada penemuan baru.

Martin Weisskopf, penyidik utama misi itu mengatakan “IXPE akan membantu kami menguji dan menyempurnakan teori kami saat ini tentang bagaimana alam semesta bekerja. Kami bahkan mungkin menemukan teori yang lebih menarik tentang objek eksotis ini daripada yang kami hipotesiskan.”

Dilansir dari Engadget (10/12), SpaceX menggunakan roket Falcon 9 dari misi sebelumnya untuk peluncuran ini. Jika semuanya berjalan lancar, tahap pertama roket akan mendarat di kapal drone perusahaan setelah mengangkut IXPE ke luar angkasa.

Share
×
tekid
back to top