sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
Senin, 11 Des 2023 22:11 WIB

Shanghai siap jadi pusat sains global

Salah satu kota modern di Tiongkok, Shanghai, mempunyai misi untuk bertransformasi menjadi pusat utama inovasi sains dan teknologi dunia.

Shanghai siap jadi pusat sains global

Salah satu kota modern di Tiongkok, Shanghai, mempunyai misi untuk bertransformasi menjadi pusat utama inovasi sains dan teknologi dunia. Sasaran ambisius ini bergantung pada menarik talenta-talenta kelas atas di bidang-bidang mutakhir seperti fintech, manufaktur cerdas, dan ilmu kuantum.

Dilansir dari Gizmochina (11/12), Pudong International Talent Hub Forum baru-baru ini menyoroti dorongan ini, mengungkapkan rencana strategis Shanghai untuk menjadi pemain global di arena sains-teknologi.

Dominique Turpin, tokoh penting di China Europe International Business School, menekankan peran penting talenta global dalam memulihkan perekonomian pasca COVID-19 dan menjaga perusahaan-perusahaan Tiongkok tetap unggul dalam persaingan.

Dalam mengejar inisiatif tersebut, Shanghai telah meluncurkan paket menarik dan dukungan komprehensif, khususnya di Kawasan Baru Pudong. Zona ini dengan cepat berkembang menjadi magnet bakat, menunjukkan komitmen Shanghai untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi.

Inti dari upaya ini adalah Pearl Project. Ini adalah inisiatif ambisius yang bertujuan untuk mendatangkan pemikiran internasional terkemuka di bidang sains dan teknologi. “Pearl Peak Talents” terpilih diberi penghargaan yang besar, dengan insentif seperti dukungan finansial yang besar dan bantuan kewirausahaan. Dampak proyek ini sudah terlihat jelas, dengan lebih dari 800 talenta dipilih dari ribuan pelamar.

Fokus Shanghai tidak hanya menarik talenta tetapi juga menciptakan ekosistem tempat inovasi berkembang. Qi Yuxia, seorang pejabat setempat, menguraikan visi Pudong sebagai pusat yang terintegrasi dan inovatif, menarik pemikiran global dan memupuk lingkungan dinamis untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Namun, perjalanan ini bukannya tanpa tantangan. Wang Hong, presiden CEIBS, menunjukkan bidang-bidang utama yang memerlukan perhatian, seperti mencapai terobosan teknologi dan meningkatkan pengaruh ilmiah global Shanghai. Saran Wang untuk mengatasi hambatan-hambatan ini termasuk membangun basis industri yang kuat, menarik talenta internasional, dan mempromosikan keterbukaan Shanghai terhadap dunia.

Share
×
tekid
back to top