Sepatu basket terbaru Nike ini seperti datang dari masa depan

Dilengkapi dengan teknologi kekinian, sepatu wearable Nike yang memiliki nama Adapt BB ini dijual Rp4,9 juta-an.

Sepatu basket terbaru Nike ini seperti datang dari masa depan Nike Adapt BB (Nike)

Nike secara resmi telah meluncurkan sepatu dengan teknologi tercanggih mereka yang bernama Adapt BB. Para penggemar pun pada akhirnya dapat melihat sepatu ini, setelah sebelumnya Nike meluncurkan video teaser di akun Twitter resmi mereka.

Seperti yang sudah diketahui, perangkat yang masuk dalam teknologi wearable ini memiliki teknologi pengikat tali otomatis yang bisa dikendalikan melalui smartphone. Tentunya, sepatu ini seperti sepatu yang hadir dari masa depan.


BACA JUGA

Teknologi kapal otonom digunakan untuk cari pesawat hilang

Skuter listrik ini dirancang tahan air dan lebih aman dikendarai

Jabodetabek mati lampu hampir seharian, PLN minta maaf


Ternyata, setelah diperkenalkan lebih lanjut, banyak teknologi lain yang sama hebatnya dengan teknologi pengikat tali sepatu otomatis. Dalam sebuah pernyataan, Nike dengan tegas menyatakan bahwa sepatu ini benar-benar ditujukan untuk para pebasket.

Engadget (16/1/2019) melaporkan, mereka telah menyempurnakan aplikasi bernama FitAdapt. yang dapat disesuaikan secara manual atau dengan aplikasi smartphone. Hal ini memudahkan para pengguna, terutama mereka yang merupakan atlet profesional.

VP Creative Director of Innovation Nike, Eric Avar, mengatakan perusahaan memilih cabang  basket sebagai olahraga pertama yang memamerkan Adapt dan FitAdapt karena tuntutan yang diminta oleh para atletnya.

Selama bermain, kaki pemain akan membesar hingga setengahnya. Hal ini membuat pemain tidak nyaman menggunakan sepatu di pertengahan pertandingan. Inilah yang membuat mereka menciptakan sepatu tersebut.

Teknologi yang dianut oleh Adapt BB pada dasarnya adalah pengembangan dari Flywire dan Flyknit, dua teknologi berbasis kain yang diciptakan untuk menawarkan fleksibilitas tinggi untuk sepatu atau pakaian olahraga.

Lantas, apa saja yang dapat diatur oleh penggunanya? Perusahaan pakaian olahraga asal Amerika tersebut menyebut, pengguna dapat mengontrol tali dayanya secara manual melalui tombol fisik pada sepatu atau melalui aplikasi.

Sebuah dinamo dan gir khusus disematkan, yang kemudian mampu mendeteksi ketegangan yang dibutuhkan oleh kaki pengguna. Alhasil, pengguna akan mendapatkan ukuran sepatu yang lebih pas saat digunakan.

Menurut Nike, Adapt BB bisa bertahan hingga 14 hari, dengan lama pengisian daya hanya selama tiga jam. Yang unik, untuk mengisi daya, sepatu ini dilengkapi dengan pengisian daya nirkabel Qi, dengan plat pengisian daya yang disertakan dengan setiap pasangan.

Selain dapat mengatur kekencangan tali sepatu aplikasi ini juga dapat mengontrol lampu LED yang ada di sepatu tersebut. RGB power!

Tak ketinggalan, Nike juga menjanjikan adanya pembaharuan aplikasi untuk FitAdapt. Ini berarti, Nike memiliki rencana untuk menambah kemampuan dari aplikasi dan sepatu tersebut.

Bagi Anda yang menginginkan perangkat ini, Nike pun menjual sepasang sepatu ini seharga USD350 atau Rp4,9 juta-an dan akan mulai dijual mulai awal Februari mendatang. Tertarik?

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: