sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Kamis, 13 Jul 2023 12:03 WIB

Samsung akan bikin robot pengontrol hewan peliharaan dan lainnya

Samsung telah mengajukan paten robotika untuk pendeteksian emosi hewan peliharaan, robot penyemprot, dan banyak lagi.

Samsung akan bikin robot pengontrol hewan peliharaan dan lainnya

Baru-baru ini Samsung Electronics mengajukan serangkaian paten robotika di Amerika Serikat, menandakan komitmennya untuk mengeksplorasi robotika sebagai sektor pertumbuhan potensial. Paten tersebut mencakup berbagai aplikasi, termasuk perangkat bantuan berjalan dan mesin pemantau hewan peliharaan, yang menunjukkan fokus Samsung dalam mengembangkan teknologi robot yang inovatif.

Dilansir dari Gizmochina (13/7), salah satu paten itu melibatkan teknologi robot yang dirancang khusus untuk memantau pergerakan hewan peliharaan dan mendeteksi emosi mereka. Tidak seperti robot peliharaan yang membutuhkan kontrol manual, robot Samsung memiliki kemampuan otonom. Berbentuk seperti perangkat bulat dan dilengkapi dengan dua roda, ia dapat mengikuti dan melacak hewan peliharaan secara real time.

Robot tersebut menggunakan kamera internal untuk menganalisis pola perilaku hewan peliharaan, memungkinkannya mendeteksi emosi dan gerakan secara akurat. Selain itu, mikrofon terintegrasi memungkinkan robot mengenali suara yang dihasilkan oleh hewan peliharaan, memfasilitasi komunikasi interaktif dengan pemilik hewan peliharaan.

Samsung juga mengajukan paten untuk robot bantuan untuk berjalan yang dimaksudkan untuk dipakai oleh orang. Robot ini, yang diharapkan menjadi bagian dari calon merek robot perawatan kesehatan Samsung yang disebut BotFit, bertujuan untuk membantu orang dengan mobilitas terbatas, terutama orang tua.

Ia beroperasi di sepanjang rute yang telah diprogram sebelumnya, memastikan pergerakan yang mulus dan aman bahkan dalam situasi di mana komunikasi terganggu karena kesalahan perangkat. Khususnya, perangkat tersebut telah menerima sertifikasi ISO 13849.

Jari robot yang dipatenkan Samsung telah menarik perhatian karena aplikasi potensialnya dalam pengaturan industri, medis, dan rumah. Jari robot ini terdiri dari dua sensor yang memungkinkan deteksi objek dan menggenggam.

Mengatasi kebutuhan desinfeksi yang efisien di ruang publik selama wabah menular, Samsung Electronics mengembangkan robot semprot. Mesin ini menggunakan sensor untuk mengidentifikasi area yang memerlukan desinfeksi, memberikan solusi otomatis untuk memerangi penyebaran penyakit secara efektif.

Paten penting lainnya melibatkan teknologi yang memungkinkan robot mendeteksi berbagai ketinggian di sepanjang jalurnya. Selain itu, Samsung telah merancang sebuah sensor khusus untuk pengisian daya otomatis, menyederhanakan proses pengisian daya untuk perangkat robotik.

Samsung Electronics telah membentuk tim insinyur robot khusus, menggarisbawahi komitmennya untuk memperluas kehadirannya di industri robotika. Fokus perusahaan pada inovasi diharapkan menghasilkan peluncuran alat bantu berjalan akhir tahun ini, lebih lanjut menyoroti dedikasinya untuk meningkatkan solusi mobilitas.

Share
×
tekid
back to top