sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Jumat, 06 Mar 2020 10:09 WIB

Rover Mars akan terbang dengan nama Perseverance

NASA memilih nama Perseverance dari siswa kelas 7 di Springfield, AS untuk rovernya yang akan terbang Juli nanti.

Rover Mars akan terbang dengan nama Perseverance
Source: NASA

Setelah berbulan-bulan pencarian, akhirnya NASA mendapatkan nama yang cocok untuk kendaraan penjelajahnya (rover) ke Mars. Perseverance, begitulah nama rover NASA yang diusulkan oleh siswa kelas 7 dari Amerika Serikat (AS).

Nama Perseverance dipilih setelah bersaing dengan 28.000 lebih usulan nama lainnya. Diketahui pada Agustus lalu, NASA membuka kontes terbuka bagi pelajar TK hingga SMA di AS. Selain nama, mereka juga harus melampirkan esai 150 kata yang menjelaskan latar belakang dari nama tersebut.

Di awal tahun, NASA mengumumkan sembilan nama yang terpilih. Sementara kesembilan finalis itu mendiskuiskan ide-idenya pada para ahli di NASA, voting terbuka juga dilakukan NASA di mana masyarakat dapat memilih nama favoritnya, diantaranya

  1. Courage
  2. Clarity
  3. Endurance
  4. Perseverance
  5. Tenacity
  6. Vision
  7. Ingenuity
  8. Promise
  9. Fortitude

Dan pada akhirnya, NASA memilih Perseverence, nama yang diusulkan oleh Alexander Mather dari Springfield, Virginia, Amerika Serikat.

Alexander Mather, pemberi nama Perseverance

“Kita adalah penjelajah angkasa, dan kita akan selalu bertemu banyak kemunduran dalam perjalanan ke Mars. Bagaimanapun, kita bisa bertahan (Persevere). Kita, bukan sebagai bangsa tapi manusia, tidak akan menyerah,” tulis Mather dalam esai nya dikutip dari The Verge (05/03).

Sesuai janji NASA kepada pemenang, Mather mendapat undangan terbang ke Cape Canaveral, Florida untuk menyaksikan peluncuran Perseverance di atas roket Atlas V musim panas ini.

Berdasarkan cuitan NASA di Twitter, perjalanan Perseverance ke planet merah membawa misi mencari tanda-tanda kehidupan masa lalu di Mars dan mempelajari lebih lanjut sejarah planet ini, menguji teknologi baru untuk para penjelajah manusia, dan mengumpulkan sampel batu pertama yang akan dibawa ke Bumi. Sampel ini nantinya akan dibawa dengan kendaraan lainnya yang masih akan dibuat NASA bertahun-tahun nanti.

Rover Perseverance dijadwalkan mendarat pada 18 Februari 2021, di daerah yang dikenal dengan Jezero Crater di Mars. Daerah ini disebut-sebut merupakan delta sungai kuno yang menampung kehidupan miliaran tahun yang lalu. Jika rover ini berhasil mendarat, maka Perseverance merupakan rover kedua yang berfungsi di Mars.

Rover pertamanya yang telah menjelajah Gale Crater sejak 2012 bernama Curiosity. Rover ini juga dinamai melalui kontes yang sama dan dimenangkan oleh pelajar kelas 6, Clara Ma dari Kansas pada 2009.

Share
back to top