sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Rabu, 12 Feb 2020 16:30 WIB

Robot Musa berhasil uji coba operasi pembuluh darah dengan sangat akurat pada manusia

supermikrosurgeri merupakan teknik medis yang relatif baru, berfokus pada menghubungkan kembali pembuluh darah dengan diameter mulai dari 0,3 mm hingga 0,8 mm.

Robot Musa berhasil uji coba operasi pembuluh darah dengan sangat akurat pada manusia
Source: Microsure

Bentuk operasi rekonstruktif yang sangat presisi, atau dikenal sebagai supermikrosurgeri, berupaya untuk menghubungkan pembuluh darah berukuran sangat tipis dan pembuluh getah bening agar dapat mengembalikannya berfungsi seperti sediakala.

Operasi jenis ini membutuhkan tingkat keahlian yang tinggi dari para ahli bedah, tetapi mereka memiliki robot baru bernama Musa, yang diklaim telah melakukan prosedur pengujian pertama yang terbilang sukses.

Supermikrosurgeri merupakan teknik medis yang relatif baru, supermikrosurgeri berfokus pada menghubungkan kembali pembuluh darah dengan diameter mulai dari 0,3 mm hingga 0,8 mm. Salah satu aplikasi utamanya adalah menangani lymphedema, yang umumnya terjadi setelah perawatan kanker payudara dan menyebabkan pembengkakan dan retensi cairan lokal. Mengingat sifat proses yang rumit, hanya sejumlah kecil ahli bedah yang saat ini mampu melakukan operasi ini.

Microsure adalah perusahaan startup Belanda dari Eindhoven University of Technology dan Maastricht University Medical Centre, tempat para peneliti mengembangkan robot untuk melakukan tugas supermikrosurgeri. Disebut Musa, robot dikendalikan oleh seorang ahli bedah, tetapi menerjemahkan gerakan tangan mereka menjadi tindakan yang lebih tepat untuk serangkaian tangan robot.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan faktor-faktor seperti getaran tangan atau gerakan halus lainnya, dan secara keseluruhan membuat prosedur lebih aman dan lebih mudah dikontrol. September lalu, Musa melakukan supermikrosurgeri robot pertama pada manusia, menjahit beberapa pembuluh darah tipis di lengan pasien.

“Microsure memungkinkan kita untuk menjadi sangat presisi saat bergerak. Robot Musa memungkinkan kami untuk melakukan operasi pembuluh darah dan getah bening yang sangat melelahkan,” kata seorang ahli bedah platik di Maastricht University Medical Center, Dr Shan Shan Qiu Shao.

Kini tim tersebut sedang melanjutkan tahap awal keberhasilan dalam sebuah penelitian baru yang melibatkan 20 pasien lymphedema. Para peneliti mengevaluasi hasil dari prosedur tersebut satu bulan setelah operasi dan menemukan bahwa operasi yang dibantu Musa mengarah pada peningkatan kualitas hidup pasien. Demikian dilansir dari New Atlas (12/2).

Share
back to top