sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Kamis, 29 Jul 2021 14:50 WIB

Robot ini susun mural dari 100.000 kartu domino dalam sehari

Seorang insinyur berhasil membuat robot yang mampu menyusun ratusan ribu kartu domino untuk dibuat menjadi mural dalam waktu 24 jam.

Robot ini susun mural dari 100.000 kartu domino dalam sehari
Credit: YouTube Mark Rober

Mark Rober, seorang insinyur sekaligus YouTuber dikabarkan telah menciptakan robot yang dapat membuat mural yang tersusun dari kartu domino dengan sangat cepat. Ia menunjukkan kemampuan robot tersebut dalam akun YouTube-nya, dimana robot itu mampu menyusun 100.000 kartu domino menjadi mural dengan tema Super Mario Bros hanya dalam waktu 24 jam. Robot yang dinamakan Dominator ini dapat meletakkan dan menata 300 kartu domino sekaligus. Kartu-kartu domino yang dibawa oleh Dominator itu, sebelumnya telah diisi juga menggunakan tenaga dari robot lain.

Dilansir The Verge (29/7), Rober mengatakan dalam video jika versi Dominator yang digunakan saat ini merupakan hasil dari kerja kerasnya bersama tim (yang terdiri dari 3 orang tambahan) selama bertahun-tahun. Sebelum ini, Rober dan tim juga sempat mengalami kegagalan. Selain membuat Dominator, Rober juga sering mengunggah karya robot lain seperti Dart Tracking, yakni papan permainan Dart yang mampu secara otomatis menyesuaikan arah dari panah Dart.

Dalam mendemonstrasikan robotnya, Rober mengajak beberapa artis domino dan YouTuber lain untuk mencoba melawan Dominator dalam menyusun kartu domino. Video Rober ini secara singkat juga menunjukkan konstruksi robot. Tapi secara lebih detail, informasi mengenai Dominator telah ditulis oleh tim di posting blog, yang menjelaskan segala hal, mulai dari ide, prototipe, bagaimana perangkat lunak dan perangkat keras beroperasi, dan banyak lagi.

Dari penjelasannya, salah satu bagian yang mungkin menarik adalah tentang teknologi navigasi yang dipasang di Dominator. Sebagian besar penggunaan navigasi Dominator memang menggunakan GPS, tetapi ternyata membuat robot untuk bisa menyelaraskan domino dengan benar tanpa menjatuhkan apa pun, dalam prosesnya membutuhkan banyak percobaan dan kesalahan. Rober dan tim akhirnya menggunakan kamera dan sistem penanda untuk memecahkan yang disebut "the last centimeter problem”, setelah menguji beberapa pilihan solusi lain.

Tapi bagi Anda yang sudah menonton videonya, mungkin bagian yang paling membuat gemas adalah proses akhir dari keberhasilan Dominator. Pada bagian akhir, video menunjukkan jika 100.000 kartu domino yang telah disusun kemudian dirobohkan begitu saja. Tapi melihat ini, Dominator berarti memang dapat diandalkan untuk membuat lagi mural lain dengan kartu domino.

Tag
Share
×
tekid
back to top