Robot ini bisa menyuapi orang secara otomatis

Saat digunakan, lengan robot yang dipasang di kursi roda pengguna dapat memilih potongan yang ingin dimakan.

Robot ini bisa menyuapi orang secara otomatis

Insinyur dari University of Washington (UW) mengembangkan robot yang dapat memberi makan orang. Didukung oleh algoritma artificial intelligence (AI), sistem ini mendeteksi potongan makanan di atas piring, menusuknya dengan garpu, dan mengangkut potongan makanan ke mulut.

Dilansir dari Digital Trends (13/3), proyek ini pertama kali termotivasi oleh insinyur UW dan peneliti utama, Siddharta Srinivasa sedang melakukan perjalanan ke lembaga rehabilitasi.


BACA JUGA

Peneliti kembangkan logam cair seperti robot T-1000 di film Terminator

Teknologi ini bisa jadikan robot berbahan lunak

Ilmuwan berhasil ciptakan robot partikel pertama di dunia


Di lokasi tersebut ada seorang gadis muda memintanya untuk mengembangkan robot yang memungkinkan sang gadis makan sendiri. Setelah bertemu dengan pengasuh dan orang lain yang memiliki keterbatasan mobilitas, Srinivasa dan timnya menyadari pentingnya alat untuk makan secara otomatis.

“Sistem ini adalah lengan robot. Terintegrasi dengan kamera yang terpasang di pergelangan tangan, sensor sentuhan pada jari-jari, dan garpu yang dicengkram oleh dua jari,” kata seorang mahasiswa doktoral UW yang bekerja pada proyek tersebut, Gilwoo Lee.

Saat digunakan, lengan yang dipasang di kursi roda pengguna, dapat memilih potongan yang ingin dimakan. Kemudian robot melakukan beberapa perhitungan, menjalankan data melalui seperangkat algoritma, untuk menentukan jenis makanan.

Melalui uji coba, Lee, Srinivasa dan rekan lainnya mendapati bahwa proses makan sering kali memerlukan orientasi yang berbeda. Misalnya, menusuk stroberi di pinggiran dan memiringkannya ke mulut dapat membantu memakannya lebih mudah.

“Setelah makanan ditusuk, lengan robot bergerak untuk mengirimkan makanan kepada orang yang duduk di kursi roda. Selama waktu ini, kamera terus mendeteksi wajah dan mengantarkan makanan ke mulut. Sistem kemudian menunggu sampai orang tersebut menggigit atau memakan seluruh makanan, dan kemudian mengulanginya,” kata Lee.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: