sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
Senin, 27 Jul 2020 14:52 WIB

Robot ini bisa menuntun tuna netra di jalanan

Perangkat itu diberi nama Theia dan dirancang oleh mahasiswa desain industri Anthony Camu, yang mendapat inspirasi dari konsol gim virtual reality dan kendaraan otonom.

Robot ini bisa menuntun tuna netra di jalanan
Source: Loughborough University

Anjing pemandu dapat memainkan peran penting sebagai alat bantu mobilitas bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan, tetapi hewan tersebut bukan solusi yang tepat untuk semua orang. Faktor seperti biaya, tempat tinggal, atau bahkan alergi membuat anjing kurang cocok untuk banyak orang. Dilansir dari New Atlas (27/7), peneliti di Loughborough University melakukan eksperimen untuk mengatasi hal tersebut dengan menyalurkan fungsi anjing pemandu ke perangkat robot yang dapat digenggam.

Perangkat itu diberi nama Theia dan dirancang oleh mahasiswa desain industri Anthony Camu, yang mendapat inspirasi dari konsol gim virtual reality dan kendaraan otonom. Teknologi ini masih dalam bentuk purwarupa dengan beberapa hal yang harus disempurnakan. Pada dasarnya Theia berlakon sebagai anjing pemandu robot untuk membantu para pengguna yang memiliki gangguan penglihatan.

Inti dari perangkat tersebut adalah giroskop momen kontrol, yang sering ditampilkan sebagai bagian dari sistem kontrol ketinggian pesawat luar angkasa, termasuk yang digunakan pada Stasiun Luar angkasa Internasional. Teknologi ini memungkinkan Theia untuk memberikan feed back tergantung ke mana arahnya dan menggerakkan tangan pengguna untuk mengarahkan ke tujuan yang diinginkan.

Theia akan menemukan jalannya melalui sistem lidar dan kamera yang memungkinkannya membangun citra tiga dimensi dari lingkungan sekitar, seperti halnya mobil otonom. Pengguna dapat memasukkan tujuan mereka melalui perintah suara, dan prosesor di dalamnya akan menentukan jalur terbaik sambil mempertimbangkan data real-time lalu lintas pejalan kaki, mobil, serta cuaca.

Masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan sebelum perangkat berfungsi secara optimal. Purwarupa saat ini masih rentan terhadap getaran dan masalah pada motornya. Tetapi Camu berharap bahwa berharap bahwa dengan perkembangan lebih lanjut ia dapat mengatasi kekurangan Theia dan menyempurnakannya agar dapat melewati lingkungan yang lebih kompleks seperti lift, tangga, perlintasan pejalan kaki dan sebagainya.

Share
×
img
×
tekid
back to top