Robot ini bisa bantu cuci piring, harganya Rp70 juta

Robot ini juga diklaim sangat aman ketika digunakan bersama manusia. Tidak ketinggalan pula algoritma AI agar mengetahui barang yang dipegangnya.

Robot ini bisa bantu cuci piring, harganya Rp70 juta Source: Engadget

Tim robotika di Universitas California, Berkeley telah mengembangkan robot untuk keperluan umum yang disebut dengan Blue. Robot ini diklaim dapat mengerjakan pekerjaan sehari-hari untuk membantu manusia. Robot seperti ini memang sebelumnya sudah ada, tetapi harganya sangat fantastis.

Dilansir dari Digital Trends (12/4), robot Blue akan dijual dengan harga cukup terjangkau.


BACA JUGA

MIT kembangkan robot pembuat sushi

MIT kembangkan robot pembuat sushi

Ribuan robot akan dorong performa Walmart


“Blue adalah robot yang dirancang keseluruhan dengan AI. Robot industri konvensional bisa-bisa memakan biaya puluhan ribu hingga ratusan ribu dolar dan tidak terlalu aman untuk digunakan bersama manusia. Sedangkan Blue memiliki desain yang sangat berbeda. Robot ini dirancang untuk dikendalikan melalui umpan balik visual, agar masih memiliki fungsi optimal, diperkirakan biayanya hanya USD5.000 (Rp70,5 juta),” kata pimpinan proyek robot Blue, Pieter Abbeel.

Meski Rp70,5 juta masih merupakan jumlah uang yang besar, angka ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan antara perangkat dan tenaga kerja. Sebagai perbandingan, Apple II (salah satu PC pertama di dunia) harganya USD2.638 (Rp37,3 juta) ketika diluncurkan pertama kali tahun 1977.

Stephen McKinley dan David Gealy, dua dari peneliti lain di proyek itu, memberi beberapa indikasi tentang jenis tugas yang diharapkan untuk dilakukan oleh Blue. Kemungkinan ini adalah hal-hal seperti otomatisasi rumah yang termasuk mengakses mesin pencuci piring, menyimpan bahan makanan, dan melipat pakaian.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: