sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Jumat, 24 Apr 2020 08:45 WIB

Robot dari Boston Dynamics bisa bantu pasien Covid-19

Boston Dynamics menggunakan platform iPad dan radio dua arah yang dipasang di robot Spot. Petugas kesehatan dapat memandu robot dari jarak jauh.

Robot dari Boston Dynamics bisa bantu pasien Covid-19
Source: Boston Dynamics via Engadget

Robot berkaki empat dari Boston Dynamics hampir dapat melakukan hal apapun, termasuk berjalan-jalan di dalam kantor, menahan pintu untuk sesama temannya, menarik becak, dan mengangkut sebuah truk boks. Tetapi mungkin prestasi yang paling mengesankan adalah melindungi pekerja kesehatan saat mengatasi pandemi Covid-19.

Dilansir dari Engadget (24/4), Boston Dynamics baru saja mengumumkan bahwa robot Spot miliknya memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk melakukan pemeriksaan jarak jauh pasien di rumah sakit Brigham Boston. Perusahaan tersebut berbagi hardware dan software di balik pendekatan pengobatan jarak jauh yang dilakukan robot, dan berharap platform robotik lainnya dapat memanfaatkan teknologi ini.

Boston Dynamics menggunakan platform iPad dan radio dua arah yang dipasang di robot Spot. Petugas kesehatan dapat memandu robot dari jarak jauh, dan pasien yang diduga memiliki penyakit Covid-19 diminta untuk berbaris untuk penilaian awal. Dokter dan perawat dapat berbicara dengan pasien dari jarak yang aman. Ini juga memungkinkan petugas kesehatan menghemat pasokan peralatan pelindung diri yang terbatas.

Perusahaan ini mengatakan masih perlu mencari cara untuk mengumpulkan informasi tanda vital dari jarak jauh, seperti suhu tubuh, laju pernapasan, denyut nadi, dan volume oksigen. Mereka sedang mempertimbangkan penggunaan teknologi kamera termal, dan sedang menguji cara untuk mengukur perubahan kontraksi pembuluh darah melalui kamera RGB.

Dalam waktu dekat, Boston Dynamics berharap bahwa dengan memasang lampu UV-C atau teknologi lainnya di punggung robot, Spot dapat digunakan untuk membunuh partikel virus dan mendesinfeksi permukaan di ruang-ruang seperti tenda rumah sakit.

Meski Boston Dynamics menggunakan robot Spot berkaki di rumah sakit Brigham, mereka mengatakan bahwa sistem tersebut dapat digunakan dengan robot beroda. Diharapkan platform robotika lainnya akan memanfaatkan hardware dan software yang sama untuk membantu pekerja di garis depan. Perusahaan Kanada Clearpatch Robotics memiliki rencana untuk membantu menyebarkan teknologi tersebut.

Share
×
img
×
tekid
back to top