sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Kamis, 04 Feb 2021 16:36 WIB

Robot Boston Dymanics bisa isi ulang baterai sendiri

Boston Dynamics juga telah memperkenalkan software berbasis web baru yang disebut Scout, memungkinkan operator mengontrol robot secara virtual.

Robot Boston Dymanics bisa isi ulang baterai sendiri
Source: Boston Dynamics via New Atlas

Perusahaan robotik asal Amerika Serikat, Boston Dynamics, telah meningkatkan kemampuan robot berkaki empat mirip anjing bernama Spot mereka. Kini robot tersebut hadir dengan software kendali jarak jauh, tambahan lengan robotik dan kemampuan untuk mengisi baterainya sendiri. Keterampilan ini diharapkan semakin memperluas daya tarik robot Spot, yang menjalani pekerjaan di semua jenis wilayah di seluruh dunia.

Versi terbaru Spot yang hadir dengan kemampuan isi baterai secara otomatis dinamai dengan Spot Enterprise, dan dilengkapi dengan dock untuk keperluan khusus. Dilansir dari New Atlas (4/2), robot ini mampu mendeteksi dock tersebut dan berjongkok di atasnya untuk mengambil posisi pengisian daya saat baterainya lemah, baik melalui pemrogaman atau tombol kembali ke beranda pada antarmuka tablet yang menyertainya.

Dock itu juga memungkinkan Spot Enterprise mengunggah daya yang dikumpulkan selama misinya melalui koneksi Ethernet. Selain itu, Boston Dynamics telah meningkatkan hardware untuk versi Spot terbaru, yang dikatakan menawarkan keamanan yang lebih tinggi, kemampuan komunikasi dan memungkinkannya untuk meroperasi secara otonom dalam jangkauan yang lebih luas.

Boston Dynamics juga telah memperkenalkan software berbasis web baru yang disebut Scout, memungkinkan operator mengontrol robot secara virtual. Software baru ini dapat memulai misi otonom yang telah diproggram sebelumnya atau mengendalikan robot secara manual saat menjalankan pekerjaannya.

Pada tahun 2018, Boston Dynamics mendemonstrasikan tambahan lengan manipulator untuk Spot yang bekerja dengan sensor terintegrasi untuk membuka pintu bagi sesama robot. Spot Arm yang dilengkapi kamera 4K adalah versi yang rampung untuk pelanggan dari teknologi tersebut. Sehingga robot dapat memegang, mengangkat dan membawa berbagai objek, memutar kenop pintu, dan lain-lain.

Sejak Boston Dynamics membuka penjualan Spot pada bulan September 2019, kita telah melihat robot ini diberikan berbagai jenis pekerjaan, termasuk mengembalakan domba di Selandia Baru, memindai pabrik Ford untuk pemeriksaan, memantau lokasi konstruksi di London, dan membantu melindungi petugas kesehatan dari pandemi.

Share
×
tekid
back to top