ROBOpilot bikin pesawat tua layaknya punya sistem otonom

Menurut Angkatan Udara AS, pemasangannya sederhana, non-invasif dan tidak permanen, menggunakan teknologi dan komponen komersial standar.

ROBOpilot bikin pesawat tua layaknya punya sistem otonom

Perlengkapan milik Angkatan Udara terbaru AS dapat mengubah pesawat konvensional menjadi pesawat otonom berbasis robot. Pesawat ini baru saja menyelesaikan penerbangan perdananya. Dikembangkan oleh Penelitian Angkatan Udara AS (AFRL) dan DZYNE Technologies Incorporated sebagai bagian dari Robotic Pilot Unmanned Conversion Program, ROBOpilot melakukan penerbangan dua jam pertamanya pada 9 Agustus di Dugway Proving Ground di Utah setelah dipasang di pesawat kecil Cessna 206 keluaran 1968.

Berkat sistem autopilot modern, bahkan pesawat kecil modern sudah memiliki kemampuan mengejutkan untuk terbang sendiri, tetapi ada perbedaan besar antara mempertahankan jalur dan benar-benar menerbangkan pesawat seperti pilot manusia. Di sisi lain, pesawat tanpa awak otonom sudah semakin canggih, tetapi ini cenderung sangat khusus dan mahal.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menkominfo berbincang dengan robot Sophia

Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot

Robot humanoid Rusia sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi


Didanai oleh proyek CRI Small Business Innovative Research dari AFRL, ROBOpilot dirancang dengan mengganti kursi pilot dengan kit yang terdiri dari aktuator, elektronik, kamera, dan sistem tenaga yang diperlukan untuk menerbangkan sebuah pesawat konvensional, ditambah dengan robot untuk tugas-tugas manual. Dengan cara ini, ROBOpilot dapat mengoperasikan sayap ekor belakang, kemudi, rem, gas, dan sakelar sembari membaca informasi di dasbor.

Menurut Angkatan Udara AS, pemasangannya sederhana, non-invasif dan tidak permanen, menggunakan teknologi dan komponen komersial standar. Hal ini memungkinkan pesawat untuk dikonversi menjadi operasi tanpa awak tanpa kerumitan dan biaya besar.

Penerbangan yang baru-baru ini dilaksanakan hadir setelah satu tahun mengembangkan dan menguji coba konsep perangkat menggunakan simulator RedBird FMX untuk menunjukkan secerapa baik itu dapat terbang dalam lingkungan yang disimulasikan sebelum tampil dalam dunia nyata. Pelatih bersertifikat Federal Aviation Administration AS menunjukkan bahwa ROBOpilot dapat lepas landas secara otonom, navigasi misi, dan pendaratan dalam kondisi normal maupun banyak gangguan. Demikian dilansir dari New Atlas (19/8).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: