Pesawat NASA berhasil foto close up si planet kerdil, Ceres

Foto-foto tersebut kemungkinan juga menjelaskan materi yang ditemukan di permukaan planet sehingga memberikan informasi lebih lanjut seputar komposisi di dalamnya.

Pesawat NASA berhasil foto close up si planet kerdil, Ceres Source: NASA

Dalam kesempatan orbit untuk terakhirnya di sekitar Ceres (planet kerdil), pesawat luar angkasa Dawn sempat menembakkan mesin ion untuk yang terakhir kalinya. Dawn saat itu terbang sedekat mungkin ke planet tersebut dengan ketinggian hanya 35 km dari permukannya. Dilansir dari Engadget (3/7), jarak itu adalah hal terdekat yang pernah ada dengan benda angkasa.

Jarak terendah yang sempat dicapai sebelum ini adalah 386 km di atas permukaannya. Seperti yang diharapkan, orbit saat ini menghasilkan beberapa gambar terdekat Ceres yang pernah ada. Beberapa dari foto-foto tersebut merupakan gambar close-up dari kawah Occator, tempat yang paling terang dari planet kerdil tersebut.

Berkat hasil sebelumnya dari pemetaan infra merah spektrometer Dawn, NASA sudah tahu bahwa titik terang di permukaan Ceres terbuat dari natrium karbonat. Berbagai foto tersebut akan membantu para ilmuwan mengetahui asal-usul tempat yang paling terang, tepat di bawah kawah. Mereka juga dapat menentukan apakah karbonat yang ditemukan di Ceres berasal dari kolam bawah permukaan dangkal yang kaya akan mineral atau dari sumber air yang lebih dalam, bergerak ke atas dan merembes melalui retakan.

Selain itu, foto-foto tersebut kemungkinan juga menjelaskan materi yang ditemukan di permukaan planet sehingga memberikan informasi lebih lanjut seputar komposisi di dalamnya. Anda dapat melihat seluruh foto yang dikirim oleh pesawat luar angkasa Dawn di situs resminya. Orbit ini adalah awal dan akhir untuk Dawn, yang diluncurkan pada tahun 2007 dan tiba di Ceres pada tahun 2015. Diprediksi ia akan kehabisan bahan bakar akhir tahun ini dan akan tetap mengorbit di sekitar planet kerdil tersebut selama setidaknya 50 tahun.

“Pandangan pertama Ceres yang diperoleh oleh Dawn memberi kita sebuah titik terang. Membongkar sifat dan sejarah planet kerdil yang mempesona ini selama perjalanan masa terbang Dawn yang diperpanjang di Ceres,” kata Dawn Principal Investigator, Carol Raymond.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: