sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Selasa, 24 Mar 2020 09:05 WIB

Perangkat ini bisa deteksi penyebaran penyakit via gelombang suara

Cara terkini untuk mendeteksi perubahan tersebut melalui penggunaan gelombang suara. Metode ini menawarkan alat baru yang berpotensial untuk mendeteksi perkembangan penyakit.

Perangkat ini bisa deteksi penyebaran penyakit via gelombang suara
Source: Kayla Wiles

Salah satu konsekuensi fisiologis dari kanker dan penyakit lain yang menyebar ke seluruh tubuh dapat menjadi pengerasan struktur sel yang disebut matriks ekstraseluler. Para ilmuwan di Purdue University baru saja berhasil mengembangkan cara terkini untuk mendeteksi perubahan tersebut melalui penggunaan gelombang suara. Dilansir dari New Atlas (24/3), metode ini menawarkan alat baru yang berpotensial untuk mendeteksi perkembangan penyakit.

Tingkat kekerasan atau kekakuan pada matriks ekstraseluler di sekeliling sel dapat berubah sebagai respons terhadap zat beracun, obat-obatan dan penyakit, dan para ilmuwan berharap dapat melacak perubahan kecil pada struktur ini sebagai cara untuk memantau kesehatan pasien dan penyebaran penyakit. Kemungkinan termasuk menerapkan bahan kimia ke sampel matriks ekstraseluler, atau meregangkan untuk mengukur setiap perubahan di dalamnya, tetapi ini terbukti sulit dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan.

Para ilmuwan di Purdue University yakin mereka telah menemukan jalan keluarnya, dengan perangkat “lab-on-a-chip” yang memiliki ukuran kecil. Ini terdiri dari pemancar yang menghasilkan gelombang ultrasonik yang menyebar melalui sampel, dan penerima piezoelektrik di ujung lainnya. Sinyal listrik yang dihasilkan oleh penerima dibentuk oleh kekakuan sampel, sehingga dapat mengungkapkan perubahan pada strukturnya.

“Ini konsep yang sama dengan pemeriksaan kerusakan pada sayap pesawat terbang. Ada gelombang suara yang merambat melalui bahan dan penerima. Cara gelombang merambat dapat menunjukkan apakah ada kerusakan atau cacat tanpa mempengaruhi material itu sendiri,” kata Asisten Profesor Teknik Purdue, Rahim Rahimi.

Tim tersebut menggunakan lab-on-a-chip melalui langkah-langkahnya dalam percobaan yang melibatkan sel-sel kanker payudara yang terkandung dalam hidrogel. Ini dipilih karena kesamaan dalam konsistensi dengan matriks ekstraseluler. Perangkat ini mengungkapkan perubahan dalam kekakuan jaringan yang disimulasikan, dan melakukannya tanpa mendorong respons beracun dalam sel atau membuat perangkat panas.

Menurut para peneliti, alat itu dapat ditingkatkan dan digunakan untuk menganalisis sejumlah sampel pada saat yang sama, sehingga memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari berbagai aspek penyakit. Mereka kini telah pindah ke pengujian matriks ekstraseluler berdasarkan kolagen, protein struktural utama pada kulit dan jaringan lainnya.

Share
back to top