sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Senin, 05 Des 2022 09:15 WIB

Penumpang akan bisa gunakan ponsel di pesawat tanpa Airplane Mode

Ucapkan selamat tinggal pada Mode Pesawat. Pasalnya, ponsel akan segera dapat digunakan di dalam penerbangan pesawat.

Penumpang akan bisa gunakan ponsel di pesawat tanpa Airplane Mode

Era baru dalam perjalanan udara akan segera dimulai. Seperti diketahui, saat ini penggunaan ponsel selama penerbangan masih sangat terbatas. Penumpang dan awak pesawat harus mengaktifkan Mode Pesawat selama penerbangan berlangsung.

Hal tersebut menimbulkan masalah pada penerbangan jarak jauh dan memaksa orang membayar mahal untuk menggunakan Wi-Fi. Namun, aturan akhirnya berubah dengan teknologi baru. Dilansir dari Gizmochina (5/12), penumpang penerbangan di Uni Eropa (UE) akan segera dapat menggunakan ponsel mereka secara maksimal saat penerbangan.

Komisi UE memesan pita frekuensi tertentu untuk pesawat pada tahun 2008 dan mengizinkan beberapa layanan menawarkan akses internet di udara. Sayangnya, layanan ini lambat dan mahal. Satu-satunya alternatif bagi penumpang adalah mengatur perangkat mereka dalam Mode Pesawat. Namun, aturannya diubah. Penumpang maskapai penerbangan di negara-negara Uni Eropa tidak perlu mengatur ponsel mereka dalam Mode Pesawat selama penerbangan.

Komisi Eropa mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk menghapus aturan ‘Mode Pesawat’. Batas waktu bagi negara anggota untuk menyediakan pita frekuensi 5G untuk pesawat adalah 30 Juni 2023. Ini berarti penumpang ataupun awak pesawat dapat menggunakan semua fitur ponsel mereka di tengah penerbangan, mengaktifkan panggilan dan aplikasi berat yang membutuhkan koneksi data seperti streaming musik dan video. Menurut Komisi Eropa, sistem baru ini akan memanfaatkan kecepatan pengunduhan jauh lebih cepat yang disediakan oleh 5G dan bisa lebih dari 100 Mbps.

“Tadinya ada kekhawatiran mereka dapat mengganggu sistem kontrol otomatis. Apa yang telah ditemukan dengan pengalaman adalah risiko interferensi sangat kecil. Rekomendasinya selalu bahwa begitu Anda berada dalam penerbangan, perangkat harus dalam Mode Pesawat,” kata kepala eksekutif Komite Keselamatan Penerbangan Inggris, Dai Whittingham.

Share
×
tekid
back to top