Peneliti berhasil kembangkan lensa ultra lebar anti distorsi

Sekelompok peneliti Google dan MIT yang dipimpin oleh YiChang Shih telah berhasil menemukan cara yang efisien untuk mengatasi distorsi lensa ultra lebar.

Peneliti berhasil kembangkan lensa ultra lebar anti distorsi

Seiring dengan ramainya hobi fotografi untuk dipamerkan di media sosial, lensa sudut ultra lebar semakin populer di smartphone, baik pada kamera belakang atau depan. Kamera depan ultra lebar sering digunakan untuk memotret selfie beramai-ramai bersama teman.

Sayangnya ketika memotret gambar dengan lensa sudut lebar, masalah yang umum terjadi adalah adanya distorsi pada pinggiran frame. Hal ini mengurangi keindahan subjek pada pinggiran frame, terutama jika subjek tersebut berupa wajah . Efek ini juga dikenal sebagai anamorfosis.


BACA JUGA

Tahun depan, smartphone akan punya kamera dengan 108MP

Review kamera aksi Sony RX0 II, kecil-kecil cabe rawit

Berbasis Lumix FZ1000 II, Leica V-Lux 5 dibanderol Rp17 juta


Dilansir dari DP Review (14/6), sekelompok peneliti Google dan MIT yang dipimpin oleh YiChang Shih telah berhasil menemukan cara yang efisien untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam makalah mereka yang berjudul “Potret Sudut Lebar Bebas Distorsi pada Kamera Ponsel,” mereka menggambarkan sebuah algoritma yang mampu mengoreksi efek. Dengan demikian foto selfie akan terlihat lebih alami dengan potret sudut lebar.

Solusi sebelumnya memang mampu memperbaiki distorsi pada wajah tetapi sering kali muncul gangguan lain di latar belakang dan elemen gambar lainnya. Metode baru ini bekerja dengan menciptakan perbaikan konten dan menerapkan koreksi hanya pada bagian frame di bagaian wajah yang terdeteksi serta mempertahankan transisi halus antara wajah dan sisa gambar.

Para peneliti tersebut mengatakan hasil yang ditampilkan terlihat baik dengan bidang pandang yang luas mulai dari 70 derajat hingga 120 derajat. Selain itu, algoritmanya diklaim cukup cepat untuk berfungsi pada tingkat interaktif.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: