Peneliti berhasil kembangkan lensa datar untuk ponsel

Para ilmuwan di University of Utah mulai mengubah hal itu, menciptakan lensa purwarupa yang terdiri dari serangkaian struktur mikro.

Peneliti berhasil kembangkan lensa datar untuk ponsel Source: Dan Hixson/University of Utah College of Engineering via New Atlas

Meski para pabrikan terus berusaha membuat ponsel lebih tipis dan lebih ringan, mereka dibatasi oleh lensa kamera berbentuk lengkung. Kabar baiknya, kini para peneliti berhasil mengembangkan lensa datar yang memiliki ketebalan hanya seperseribu dan bobot seperseratus dibandingkan lensa kamera ponsel konvensional.

Secara umum lensa kamera digital berfungsi sebagai unit kohesif tunggal, dengan seluruh lensa membelokkan cahaya yang masuk agar dapat memfokuskannya ke sensor. Dilansir dari New Atlas (8/10), inilah alasan lensa kamera ponsel biasanya memiliki ketebalan setidaknya 2 mm.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kamera baru Canon mirip gantungan kunci

Kamera 360 derajat terbaru dari GoPro dijual Rp7,1 juta

GoPro Hero 8 bisa rekam 4K pada 120fps


Para ilmuwan di University of Utah mulai mengubah hal itu, menciptakan lensa purwarupa yang terdiri dari serangkaian struktur mikro. Masing-masing dari struktur itu pada gilirannya berfungsi sebagai semacam lensa mini, membelokkan cahaya untuk memfokuskannya pada satu bagian dari sensor kamera. Dengan demikian semuanya berkontribusi untuk mengarahkan cahaya agar membentuk satu gambar.

“Anda dapat menganggap struktur mikro ini sebagai piksel lensa yang sangat kecil. Mereka bukan satu lensa, tetapi semua bekerja bersama-sama untuk bertindak sebagai lensa,” kata Assoc. Prof., Rajesh Menon.

Meski kualitas gambar mirip dengan lensa biasa, perangkat Utah hanya berukuran beberapa mikron, bahkan hanya 1/20 dari ketebalan rambut manusia. Selain itu, sementara lensa tradisional berkualitas baik harus terbuat dari kaca yang relatif berat dan mahal, lensa datar terbuat dari plastik yang lebih murah dan lebih ringan.

Sebagai manfaat tambahan, lensa baru ini mampu menangkap cahaya inframerah gelombang panjang. Atribut ini dapat memungkinkan untuk digunakan dalam sistem penglihatan malam yang lebih ringan dan lebih murah pada ponsel, drone, atau bahkan kacamata tentara.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: