sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Sabtu, 24 Jun 2023 08:25 WIB

Pekerjaan terkait AI generatif di AS bertumbuh pesat

Ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan Amerika yang ingin merangkul dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendorong pertumbuhan bisnis.

Pekerjaan terkait AI generatif di AS bertumbuh pesat

Semakin banyak orang yang membicarakan AI generatif selama beberapa tahun terakhir. Data terbaru yang dirilis oleh situs pencarian kerja Indeed menunjukkan bahwa Amerika Serikat mengalami peningkatan 20% bulan-ke-bulan dalam jumlah pekerjaan terkait AI generatif pada Mei tahun ini. Lonjakan ini menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan Amerika yang ingin merangkul dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Dilansir dari Gizmochina, data dari bulan Mei mengungkapkan bahwa sekarang ada 204 pekerjaan terkait AI generatif untuk setiap jutaan lowongan pekerjaan di Amerika Serikat, yang lebih dari dua kali lipat angka yang tercatat pada tahun 2021. Pertumbuhan eksponensial ini menandakan perubahan signifikan dalam permintaan akan bakat dengan keahlian dalam AI generatif.

Di antara berbagai posisi kecerdasan buatan (AI) yang diposting di Indeed, peran data ilmuwan mencapai 5% dari total keseluruhan. Selain itu, posisi seperti software engineer, machine learning engineer, dan data engineer juga sangat dicari oleh perusahaan yang ingin memanfaatkan potensi generatif AI.

Nick Bunker, Direktur Riset Ekonomi di Indeed, memberikan perspektifnya tentang tren ini, dengan mengatakan, "Setelah ledakan global ChatGPT, minat pencari kerja terhadap pekerjaan terkait AI telah meningkat secara signifikan."

Maraknya model AI generatif seperti ChatGPT tidak diragukan lagi telah memicu lonjakan rasa ingin tahu dan minat para pencari kerja untuk mengejar karir di bidang AI. Namun, meskipun minat dari pencari kerja meningkat, Indeed melaporkan bahwa peluang kerja teknologi secara keseluruhan di Amerika Serikat telah menurun sebesar 43,6% dibandingkan Juni tahun sebelumnya. Peningkatan pesat dalam jumlah pekerjaan AI yang tersedia tidak mengimbangi meningkatnya permintaan dari pencari kerja, menunjukkan potensi kesenjangan keterampilan di pasar.

Karena perusahaan Amerika Serikat menyadari potensi transformatif AI generatif, kebutuhan akan tenaga profesional yang terampil di bidang ini akan terus meningkat. Menjembatani kesenjangan keterampilan dan membina kumpulan bakat yang mampu memenuhi permintaan pada keahlian AI generatif akan menjadi sangat penting.

Share
×
tekid
back to top