Nissan perkenalkan generasi lanjutan teknologi mobil otonom

Nissan perkenalkan generasi penerus teknologi mobil otonomnya, yakni ProPilot 2.0. Untuk tahap awal, Nissan Skyline yang akan menikmati fitur ini.

Nissan perkenalkan generasi lanjutan teknologi mobil otonom Source: Google

Perkembangan teknologi menuntun pada kemudahan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Contoh paling mutakhir yang ada saat ini adalah kemampuan mobil otonom. Selain Tesla, nyatanya beberapa manufaktur lain seperti Nissan punya juga fitur serupa.

Dilansir dari Ubergizmo (20/5), Nissan akhirnya memperkenalkan ProPilot 2.0, generasi lanjutan dari teknologi pengemudi otonom miliknya. Versi sebelumnya, memungkinkan mobil Nissan untuk mengemudi otomatis, namun masih membutuhkan input dari pengemudinya. Versi kedua bahkan dapat digunakan tanpa mengharuskan pengguna memegang roda kemudi.


BACA JUGA

Tesla tidak sengaja tampilkan mobil listrik Model S baru

Startup asal AS daur ulang baterai untuk kebutuhan listrik rumah

Perusahaan startup asal Eropa punya mobil listrik otonom canggih


ProPilot 2.0 didesain untuk berjalan di jalan tol maupun jalan raya lainnya. Fungsi ini melibatkan sistem navigasi kendaraan untuk melakukan manuver berdasarkan rute yang sudah ditentukan sebelumnya. Sistem ini memungkinan pengemudi untuk melaju di satu jalur di jalan raya tanpa harus memegang kemudi. 

Sistem ini dinilai mirip dengan sistem Cruise Super Cadillac yang diluncurkan beberapa tahun lalu. Fitur itu memungkinkan pengemudi untuk berlayar lepas selama mereka tidak mengganti jalurnya. Layaknya, Super Cruise, sistem Nissan juga memastikan bahwa pengemudi tetap memperhatikan jalan dan dapat mengambil alih kemudi jika diperlukan.

Sistem ProPilot 2.0 berjalan dengan memberikan panduan audio dan visual yang intuitif kepada pengemudi yang akan diminta untuk meletakkan tangan di atas roda kemudi ketika kendaraan mendekati persimpangan. Hal itu juga berlaku jika kendaraan melewati kendaraan lain yang lebih lambat. Kabarnya, Nissan Skyline akan menjadi mobil pertama yang mendapatkan fitur ProPilot 2.0 jelang akhir tahun ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: