NASA waspada, asteroid besar mendekati bumi

NASA melaporkan adanya asteroid berdiameter 4 km yang akan bergerak melintasi Bumi. Dalam beberapa kasus, asteroid besar ini bisa saja tertarik ke Bumi.

NASA waspada, asteroid besar mendekati bumi Source: NASA

NASA mendeteksi adanya asteroid besar yang akan mendekati bumi kurang dari satu tahun ke depan. Asteroid yang diberi nama 1998 OR2 itu bisa saja menabrak bumi dalam beberapa kasus khusus. 

Dilansir dari IBTimes (16/8), 1998 OR2 pertama kali ditemukan pada Juni 1987. Asteroid ini diketahui sering kali mendekati orbit Bumi dan Jupiter. Dalam departemen pelacakan asteroid NASA, 1998 OR2 ini diperkirakan memiliki diameter sekitar 4 kilometer. Dari data Center for Near Earth Object Studies (CNEOS), 1998 OR2 akan melintasi bumi pada 29 April 2020 pukul 16.56 WIB. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ilmuwan buat teori elevator dari Bumi ke Bulan

Ilmuwan berhasil hasilkan energi dari udara dingin

MIT ciptakan tinta yang dapat berubah warna


Untuk diketahui, selama proses itu, jarak asteroid itu dengan pusat bumi diperkirakan mencapai 63 juta km. Kendati jaraknya lumayan jauh, namun NASA mengingatkan bahwa ada kemungkinan asteroid itu akan memasuki orbit bumi. 

Ada beberapa faktor yang dinilai dapat menyebabkan perubahan orbit asteroid tersebut. Pertama, efek Yarkovsky. Ini merupakan jenis gaya yang diberikan pada asteroid karena panas yang berasal dari dalam atau luar asteroid tersebut. Ini dapat mempengaruhi putaran asteroid tersebut dan mengubah orbitnya. 

Faktor kedua disebabkan karena gravitasi planet yang dilewati asteroid tersebut, dalam hal ini bumi. Jika asteroid 1998 OR2 berada cukup dekat dengan jangkauan gravitasi bumi, maka dipastikan asteroid ini akan menabrak bumi. 

Dengan ukuran tersebut, 1998 OR2 dapat menimbulkan dampak yang signifikan bagi planet bumi. Tentunya akan terjadi ledakan besar akibat tumbukan itu. Tak hanya itu, tabrakan 1998 OR2 dengan bumi dapat memicu perubahan cuaca dan kondisi atmosfer bumi. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: