NASA uji coba antena untuk misi ke Jupiter

NASA dilaporkan menguji coba purwarupa antena untuk pendukung misi di Jupiter. Misi ini akan meneliti satelit alami Jupiter bernama Europa.

NASA dilaporkan tengah melakukan uji coba terhadap purwarupa sebuah antena satelit untuk menjalani misi ke Jupiter. Adalah Hig-Gain Antenna (HGA), dilaporkan sedang menjalani tes di Pusat Penelitian Langley di Virginia. HGA merupakan elemen kunci bagi satelit Clipper agar dapat tetap berkomunikasi dengan bumi selama menjalani misi.

Untuk diketahui, HGA merupakan antena berbentuk parabola setinggi 3 meter. HGA akan dirancang untuk terus menghadap ke bumi. Tujuannya, agar satelit Clipper dapat terus terhubung dengan stasiun NASA di bumi meski menjelajah sejauh 740 juta kilometer.


BACA JUGA

Nasa beri lampu hijau untuk ekspedisi asteroid Psyche

ESA bakal buka penerbangan komersial ke luar angkasa

NASA bakal adakan wisata ke luar angkasa


Misi ini akan membawa Clipper ke salah satu satelit alami milik Jupiter bernama Europa. Sayangnya, mengunjungi Europa bukanlah hal yang mudah. Mengunjungi orbit Europa akan memakan biaya yang sangat besar, apalagi satelit itu sarat dengan zat radioaktif yang buruk bagi perangkat elektronik. Sebagai gantinya, satelit ini akan mengorbit Jupiter yang cukup dekat dengan Europa.

Dilansir dari NweAtlas (03/4), Clipper akan meneliti karakteristik dan kandungan kimia kerak es di Europa. Untuk diketahui, Europa diyakini memiliki kerak es dengan jumlah dua kali lipat volume lautan di Bumi. Untuk itu, sampai saat ini para peneliti NASA masih mengembangkan desain terbaik untuk Clipper saat menjalani misi tersebut.

Satelit Clipper dijadwalkan akan diluncurkan sekitar tahun 2022 dan 2025. Desain final untuk Clipper masih belum ditentukan sampai sat ini. NASA sendiri menyatakan akan melanjutkan uji coba tersebut tahun depan saat sudah muncul desain matang, baik untuk Clipper maupun HGA.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
NASA Satelit