NASA temukan planet layak hunui baru di alam semesta

NASA meluncurkan satelit TESS tahun lalu. Satelit ini akhirnya menemukan sebuah planet berukuran Saturnus di alam semesta. Akankah bisa menjadi pengganti Bumi?

NASA temukan planet layak hunui baru di alam semesta Source: Digital Trends

Upaya NASA untuk menemukan planet layak huni masih terus berlangsung. Tahun lalu, NASA meluncurkan TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) yang bertugas mencari planet yang dapat mendukung kehidupan. TESS akan meneliti sekitar 400 ribu bintang yang tersebar di alam semesta, kemudian memilih satu dari TESS Habitable Zone Star Catalog.

Dilansir dari DigitalTrends (4/4), katalog tersebut berisi 1.822 bintang seukuran bumi dengan jumlah radiasi yang sama seperti yang diterima bumi dari matahari. Seluruh bintang itu masih masuk dalam jangkauan satelit TESS. Nah, baru-baru ini TESS mengumumkan telah menemukan sebuah planet seukuran Saturnus.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

NASA pamerkan desain modul pendaratan baru

Badan antariksa Jepang akan dirikan studio streaming dua arah di ISS

Elon Musk: Perlu 20 tahun untuk bangun kota di Mars


“Kehidupan lain bisa saja terdapat di dunia lain, namun itu terbatas pada pengetahun tentang kehidupan manusia, jadi masuk akal jika kami mencari planet yang mirip dengan Bumi.” ujar Lisa Kaltenegger, profesor astronomi di Institut Seni dan Sains.

Planet pertama yang ditemukan TESS adalah TOI 197.01 yang dijuluki “hot Saturn”. Julukan ini merujuk pada lokasi yang sangat dekat dengan bintangnya, sehingga planet itu memiliki temperatur yang tinggi. Saking dekatnya, waktu untuk mengorbit (mengelilingi bintangnya) hanya 14 hari.

“Ini adalah temuan pertama yang kami dapatkan dari sejumlah data di TESS,” ujar Steve Kawaler, seorang profesor fisika dan astronomi di Universitas Iowa.

Para peneliti tersebut menyatakan sudah memiliki rencana untuk mencari lebih dalam dengan TESS.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: