sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Jumat, 22 Mei 2020 09:47 WIB

NASA mulai simulasi persiapan pergi ke Mars

Sebagai persiapan pergi ke Mars, NASA akan melakukan percobaan mengurung seseorang di dalam pesawat ruang angkasa palsu selama berbulan-bulan untuk mempelajari efek yang ditimbulkan.

NASA mulai simulasi persiapan pergi ke Mars
Source: NASA

Pergi ke Mars adalah adalah mimpi yang juga misi masa depan bagi para badan antariksa. Entah kapan NASA akan mewujudkan mimpi ini, namun NASA dan badan antariksa lainnya di seluruh dunia sedang mempersiapkan kemungkinan itu. Apabila saatnya tiba, ini akan menjadi perjanan yang panjang dan seberapa baik manusia akan bertahan di dalam pesawat ruang angkasa selama berbulan-bulan menjadi pertanyaan besar.

Untuk itu, NASA ingin mempekerjakan beberapa manusia yang cocok untuk menghabiskan waktu delapan bulan terkurung di pesawat ruang angkasa tiruan yang kecil. Percobaan akan berlangsung di Moskow, Rusia, dan mengikuti percobaan serupa di mana tim yang terdiri dari enam orang akan menghabiskan empat bulan di tempat yang sama.

Eksperimen ini bukan berupa isolasi sosial seperti yang kita jalani sekarang. Anggota kru serta para ilmuwan juga akan berada di dalam pesawat palsu itu untuk menpelajari efek kurungan yang begitu lama pada tubuh manusia.

Kita mungkin bertanya-tanya kenapa NASA memerlukan eksperimen ini, sedangkan mereka sudah pernah mengirimkan awaknya ke International Space Station (ISS). Jawabannya, ini berbeda. ISS memliki ukuran yang lebih besar dari yang kita pikirkan. Dengan ukuran ruang yang berbeda, maka efek yang ditimbulkan pun akan berbeda.

Pelancong pertama yang menjelajah ke Mars tidak akan dikunci di kursi mereka selama delapan bulan. Tetapi, mereka pasti tidak akan memiliki kebebasan seperti yang dinikmati para astronot ISS.

"NASA sedang mencari warga AS yang bermotivasi tinggi, berusia 30-55 tahun dan mahir dalam bahasa Rusia dan Inggris.  Persyaratan adalah: M.S., PhD., M.D. atau penyelesaian pelatihan perwira militer.  Peserta dengan gelar Sarjana dan kualifikasi tertentu lainnya (misalnya pendidikan tambahan yang relevan, militer, atau pengalaman profesional) dapat menjadi kandidat yang dapat diterima juga," tulis NASA dalam pengumumannya.

NASA juga mengatakan akan memberikan kompensasi kepada mereka yang berhasil menyelesaikan misi percobaan. Kompensasi akan berbeda tiap orangnya tergantung keterikatan mereka dengan NASA.

"Tingkat kompensasi berbeda tergantung pada keterkaitan Anda dengan NASA. Anda adalah karyawan atau kontraktor NASA," ujar NASA.

Tag
Share
×
tekid
back to top