NASA gelar lomba hadiahnya Rp11 miliar

NASA menawarkan tantangan bagi siapa saja yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi senyawa yang berguna di Mars

NASA gelar lomba hadiahnya Rp11 miliar (Foto: NASA)

NASA menawarkan tantangan bagi siapa saja yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi senyawa yang berguna di Mars. Hadiahnya senilai USD750 ribu, atau setara Rp11,1 miliar. Ilmuwan NASA menyebutkan bahwa mereka memerlukan bantuan mencari cara mengubah sumber daya yang berlimpah seperti karbon dioksida menjadi berbagai produk yang berguna. Langkah ini ditempuh guna memungkinkan misi ke planet Mars.

Karbon dioksida sendiri merupakan salah satu sumber daya yang mudah dan melimpah di planet merah itu. Para ilmuwan mengatakan astronot yang mencoba perjalanan ke Mars tidak bisa membawa semua yang mereka butuhkan. Oleh karenanya, mereka harus mencari cara untuk menggunakan sumber daya Mars untuk menciptakaan yang mereka butuhkan.

"Mengaktifkan kehidupan manusia yang berkelanjutan di planet lain akan membutuhkan banyak sumber daya dan kita tidak mungkin membawa semua yang kita butuhkan. Kami harus kreatif," kata Monsi Roman, manajer program Centennial Challenges NASA.

Di Bumi, tanaman dapat dengan mudah mengubah karbon dioksida dan air menjadi gula. Akan tetapi para ilmuwan mengatakan pendekatan itu sulit ditiru di ruang angkasa disebabkan sumber daya seperti air dan energi yang terbatas.

Terkait kompetisi ini, NASA membaginya menjadi dua tahap. Selama tahap pertama, individu atau kelompok akan mengajukan desain dan deskripsi proposal mereka. Tahap pertama akan menghasilkan lima tim dimana masing-masing memenangkan USD50.000.

Di tahap kedua, para finalis akan menampilkan demonstrasi proposal mereka. Baik individu maupun tim, berkesempatan memenangkann USSD750.000. 

Dilansir Tech Times, pendaftarannya telah dibuka melalui situs NASA CO2 Conversion Challenge. NASA akan menerima pendaftaran hingga 28 Februari 2018.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: