sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
Senin, 13 Apr 2020 13:12 WIB

NASA ajak gamer garap peta sistem penyebaran karang

NASA ajak masyarakat melalui gim NeMo-Net untuk bantu mengklasifikasikan karang yang ada di dunia ini guna merampungkan peta sistem penyebarang karang.

NASA ajak gamer garap peta sistem penyebaran karang
Source: Nemo-Net

Salah satu cara menghentikan perubahan iklim yang memengaruhi planet adalah dengan menjaga seluruh terumbu karang di dunia. Namun upaya untuk menghentikan kerusakan yang terjadi pada karang sulit dipantau oleh para ilmuwan karena keterbatasan peta sistem penyebaran karang yang baik.

Walaupun selama beberapa tahun NASA telah mengembangkan sistem untuk mencitrakan ekosistem karang tersebut, data tersebut masih kurang untuk membuat peta sistem. Gambar karang masih perlu diidentifikasi dan diklasifikasikan sebelum dapat digunakan untuk penelitian. Oleh sebab itu, NASA mengajak gamer dalam proyek ini.

NASA beralih mengandalkan ilmu masyarakat, dengan menggunakan video gim yang disebut NeMO-Net untuk mengundang orang mengisi klasifikasi karang. Gim ini dirancang menggunakan neural  network guna mengambil input dari pemain dan membangun peta karang di seluruh dunia.

“NeMo-Net memanfaatkan kekuatan paling kuat di planet ini: bukan kamera mewah atau superkomputer, tetapi manusia,” kata Principan Investigator pada proyek tersebut, “Siapapun, bahkan anak kelas satu, dapat memainkan gim ini dan memilah-milah data untuk membantu kami memetakan salah satu bentuk kehidupan paling indah yang kita tahu.”

Di dalam gim, pemain akan menyelam dengan kapal penelitian virtual dan belajar tentang karang sambil memberikan data klasifikasi. Data yang mereka hasilkan akan dianalisis oleh superkomputer NASA Pleiades.

Tampilan NeMo-Net

“NeMO-Net adalah neural network convolutional sumber terbuka (CNN) open-source yang memanfaatkan Super Computer NASA, Pleiades, untuk menggunakan data permainan dalam  mengklasifikasikan dan menilai kesehatan terumbu karang di seluruh dunia,” jelas laman NeMO-Net.

NeMO-Net menggunakan teknologi pencitraan benthic jarak jauh dengan resolusi tertinggi yang mampu menghilangkan distorsi gelombang laut, yaitu NASA FluidCam. Teknologi tersebut akan menghasilkan data gambar 3D berskala mm dari terumbu karang yang ditangkap. Setelahnya, gambar digunakan untuk melatih data beresolusi rendah dari Earth Observing System NASA. Di samping itu, data penginderaan jauh melalui udara hyperspectral dan data satelit digunakan untuk menentukan susunan ekosistem terumbu karang secara global pada skala spasial dan temporal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sayangnya, permainan ini baru tersedia untuk iOS dan Mac dan dapat diunduh melalui App Store.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top