MIT punya cara untuk kurangi waktu buffering streaming video

Sistem baru ini mampu mengurangi waktu buffering hampir setengahnya, dan dalam sepertiga kasus mampu menawarkan peningkatan kualitas pemutaran video yang setara dengan HD.

MIT punya cara untuk kurangi waktu buffering streaming video Source: Pexels

Pasti kamu pernah merasakan jengkelnya ketika menghadapi proses buffering video meski koneksi di rumah stabil. Salah satunya ini terjadi karena ketika sedang ada banyak perangkat tersambung ke internet, sehingga bandwidth koneksi terbagi-bagi. Meskipun akhirnya bisa, resolusi gambar menjadi turun dan pada akhirnya mengurangi pengalaman menonton.

Para tim dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) berhasil mengembangkan alat untuk membantu banyak orang berbagi koneksi Wifi secara terbatas. Dilansir dari Engadget (19/8), kelompok dari Labolatorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan (Computer Science and Artificial Intelligence Labolatory / CSAIL) membuat sistem Minerva yang menganalisis video sebelum memutarnya guna memeriksa seberapa besar dampaknya saat dimainkan dengan kualitas rendah.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kuliah dengan beasiswa, pendaftaran ditutup hari ini

Sempat down, layanan Telkomsel dan Ovo normal lagi

Satelit Kacific hadirkan internet untuk daerah terpencil Indonesia


Protokol tradisional untuk berbagi Wifi cukup membagi bandwidth yang tersedia dengan jumlah pengguna. Jadi jika kamu mencoba menonton streaming acara olahraga HD di TV dan beberapa keluarga lain ingin menonton film kartun di ponsel pintar, maka masing-masing akan mendapat alokasi setengah dari bandwidth yang tersedia. Tentunya konten video kualitas HD akan menurun.

Minerva dapat menganalisis kedua video agar dapat melihat mana yang akan mendapat manfaat dari alokasi lebih banyak bandwidth dan mana yang dapat dilayani menggunakan bandwidth rendah tanpa kualitas yang buruk. Kemudian protokol menetapkan bandwidth berdasarkan kebutuhan pengguna. Ia juga akan menyesuaikan dirinya sendiri seiring waktu sebagai tanggapan konten video yang sedang diputar.

Dalam pengujian nyata, Minerva mampu mengurangi waktu buffering hampir setengahnya, dan dalam sepertiga kasus mampu menawarkan peningkatan kualitas pemutaran video yang setara dengan HD. Sistem ini tidak hanya bekerja di dalam rumah tangga. Prinsip yang sama dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet di seluruh wilayah, menjadikannya ideal untuk perusahaan seperti Netflix dan Hulu yang harus menyajikan video ke sejumlah besar pengguna.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: