sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
Kamis, 03 Jun 2021 13:03 WIB

Misi baru NASA akan ungkap misteri Venus

Veritas dan Davinci+ merupakan misi baru NASA dalam Discovery Program untuk mengungkap keadaan di planet Venus.

Misi baru NASA akan ungkap misteri Venus
Source: NASA

NASA sudah cukup lama melepaskan perhatiannya dari planet yang dekat dengan Bumi selain Mars, yaitu Venus. Setelah bertahun-tahun, badan antariksa tersebut akhirnya melirik kembali planet kedua dalam tata surya itu, dengan meluncurkan dua misi baru yang disebut Veritas dan Davinci+.

Dilansir dari Cnet (3/6), administrator NASA Bill Nelson dalam pidatonya mengumumkan Veritas dan Davinci+ sebagai misi baru NASA untuk Venus. Kedua misi merupakan bagian dari Discovery Program NASA, dimana tiap misi menerima USD500 juta dana pengembangan. Diharapkan, waktu peluncuran akan dilakukan dalam periode 2028 hingga 2030.

Selama beberapa tahun terakhir, Mars menjadi perhatian NASA karena beberapa penemuannya. Namun, Venus yang sangat panas juga mulai memberikan isyarat kepada para ilmuwan sejak sebuah studi pada 2020 meneliti kemungkinan keberadaan fosfin, gas yang terkadang dihasilkan oleh mikroba di awan planet tersebut.

Adapun, misi Veritas (Venus emisivitas, ilmu radio, InSAR, topografi, dan spektroskopi) dirancang untuk memetakan permukaan Venus untuk mencari jawaban tentang bagaimana planet itu dan Bumi menyimpang secara radikal. Ini untuk menunjukkan, apakah gunung berapi dan proses geologi lainnya di sana masih aktif.

Sedangkan misi Davinci+ akan lebih fokus pada kedalaman atmosfer planet dan mencari tahu apakah Venus pernah memiliki lautan. Ini akan menjadi penyelidikan tentang gas mulia, kimia, dan pencitraan. 

“Mengherankan betapa sedikit yang kita ketahui tentang Venus, tetapi hasil gabungan dari misi ini akan memberitahu kita tentang planet ini dari awan di langit melalui gunung berapi di permukaannya sampai ke inti,” kata Tom Wagner, ilmuwan Discovery Program NASA. “Ini akan menjadi seolah-olah kita telah menemukan kembali planet ini.”

Sementara Veritas dan Davinci+ mendapat lampu hijau, itu berarti dua misi lainnya akan ditinggalkan. Mereka adalah Io Volcano Observer (IVO) yang mengarahkan pandangannya ke bulan Jupiter Io dan Trident, yang mengusulkan pengiriman pesawat ruang angkasa untuk terbang di bulan es Neptunus, Triton.

Misi masa depan ini akan menjadi potensi untuk membuka beberapa misteri Venus, termasuk mencari kemungkinan adanya kehidupan di sana. Venus mungkin terlihat seperti neraka, tetapi masih banyak yang belum kita ketahui lebih dalam lagi.

Tag
Share
×
tekid
back to top