sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 12 Jul 2022 14:18 WIB

Meta gunakan AI untuk verifikasi fakta Wikipedia

Wikipedia akan memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dari Meta untuk verifikasi keabsahan artikel Wikipedia. Dalam prosesnya, Wikipedia akan menggunakan model transformasi Natural Language Understanding (NLU).

Meta gunakan AI untuk verifikasi fakta Wikipedia

Pada tahun 2020, komunitas Wikipedia dilanda skandal ketika terungkap bahwa seorang remaja AS telah menulis 27.000 entri dalam bahasa yang tidak dikuasainya. Kejadian ini mengingatkan bahwa ensiklopedia online bukanlah sumber informasi yang sempurna. Sebagian orang akan mencoba untuk mengedit entri Wikipedia untuk tujuan yang kurang baik, tetapi sering kali kesalahan faktual datang dari beberapa individu yang bertujuan baik.

Itulah masalah yang akan diatasi oleh Wikimedia Foundation bersama dengan perusahaan induk Facebook, Meta. Keduanya mengarahkan pandangan mereka pada kutipan. Masalah dengan catatan kaki Wikipedia adalah bahwa hampir terlalu banyak untuk diverifikasi oleh editor sukarelawan. Dengan situs web yang tumbuh lebih dari 17.000 artikel setiap bulan, kutipan yang tidak terhitung jumlahnya, hilang, atau sekadar tidak akurat.

Dilansir dari Engadget (12/7), Meta mengembangkan model AI yang yang dapat secara otomatis memindai kutipan dalam skala besar untuk memverifikasi keakuratannya. Ini juga dapat menyarankan kutipan alternatif ketika menemukan bagian yang sumbernya buruk. Ketika editor manusia Wikipedia mengevaluasi kutipan, mereka mengandalkan akal sehat dan pengalaman.

Ketika AI melakukan pekerjaan yang sama, ia menggunakan model transformasi Natural Language Understanding (NLU) yang mencoba memahami berbagai hubungan kata dan frasa dalam sebuah kalimat. Basis data Meta Sphere, yang terdiri lebih dari 134 juga halaman web, bertindak sebagai indeks pengetahuan sistem. Saat menjalankan tugasnya untuk memeriksa kutipan dalam sebuah artikel, model ini dirancang untuk menemukan satu sumber untuk memverifikasi setiap klaim.

Alat ini suatu hari nanti dapat membantu masalah kesalahan informasi Facebook. “Secara umum, kami berharap pekerjaan kami dapat digunakan untuk membantu pada pengecekan fakta dan meningkatkan kepercayaan umum informasi online,” kata pembuat model. Sementara itu, Meta berharap dapat membangun platform yang dapat digunakan editor Wikipedia untuk memverifikasi dan mengoreksi catatan kaki secara sistematis.

Share
×
tekid
back to top