Mars dipastikan pernah punya air

Sebuah temuan baru berupa tanah lempung dengan konsentrasi tinggi semakin menguatkan hipotesis bahwa dahulu pernah ada air di planet Mars.

Mars dipastikan pernah punya air

Rover penjelajah milik NASA, Curiosity, dilaporkan telah menemukan kandungan tanah lempung tertinggi selama menjalani misi penjelajahan di Mars. Untuk itu, armada penjelajah ini melakukan selfie di lokasi penemuan tersebut.

Dilansir dari DigitalTrends (4/6), armada Curiosity menjelajah secara perlahan dengan mendaki Mount Sharp. Wilayah ini merupakan salah wilayah yang menarik. Pasalnya, tanah liat sering terbentuk ketika air masih ada di planet merah ini yang dipercaya terjadi pada miliaran tahun lalu. Memeriksa tanah liat itu daapat memberikan indikasi apakah MArs pernah memiliki kondisi yang memungkinakn untuk mendukung kehidupan di suatu titi dalam sejarahnya.


BACA JUGA

Astronom deteksi sinyal radio dari luar angkasa

Superkomputer bisa tampilkan jutaan alam semesta virtual

Teleskop terbesar di dunia sebentar lagi selesai dibuat


Untuk menganalisis sampel tersebut, Curiosity menggunakan Instrumen CheMin (Chemical and Mineralogy). Instrumen ini akan mengukur dan mengidentifikasi  jumlah mineral tertentu di batuan Mars. Selain mendeteksi tanah liat, CheMin dapat juga digunakan untuk mendeteksi kandungan hematite yang sangat rendah di dalam tanah.

Karena keberhasilannya itu, Curiosity diperintahkan untuk mengambil foto selfie menggunakan kamera yang ada pada salah satu lengannya. Caranya adalah dengan mengambil 57 gambar selfie yang berbeda. Kemudian seluruh gambar tersebut digabung menjadi satu gambar panorama. MAHLI (Mars Hand Lens Imager) terletak pada ujung lengan robot Curiosity. PAda gambar utuhnya, keberadaan lengan itu dihapus secara digital dari frame.

Sedikit bergeser ke bawah, ada dua lubang kecil. Lubang itu disebut Aberlady dan Kilmarie. Keduanya merupakan titik di mana Curiosity melakukan pengeboran untuk mengumpulkan sampel. Ada pun kedua titik itu merupakan titik pengeboran ke 20 dan 21 yang sudah dilakukan Curiosity selama menjelajah di planet merah itu.

Untuk diketahui, temuan abru mengenai tanah lempung ini semakin menguatkan hipotesis bahwa air sebelumnya pernah eksis di Mars. Namun itu saja belum menjawab rasa penasaran para ilmuwan tersebut. Mereka masih menerka bagaimana air berinteraksi dengan batuan Mars.

Beberapa hipotesis mengatakan bahwa batuan terbentuk karena adanya air yang terkonsentrasi pada suatu titik yang membentuk danau.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: