sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 22 Mei 2021 11:01 WIB

Lokomotif listrik ini punya kapasitas baterai 32x lebih besar dari Tesla

Baterai tersebut dapat diisi ulang di depot seperti halnya kendaraan listrik. Lokomotif juga menggunakan sistem pengereman regeneratif untuk mengisi ulang baterainya.

Lokomotif listrik ini punya kapasitas baterai 32x lebih besar dari Tesla
Source: Wabtec

Perusahaan teknologi kereta api Wabtec telah mendemonstrasikan lokomotif listrik yang dapat membantu mengurangi jejak karbon dari layanan angkutan barang. Lokomotif FLXdrive bertenaga baterai dari perusahaan tersebut digunakan dari sistem hibrida selama uji coba 3 bulan, dimana ia mengurangi konsumsi bahan bakar keseluruhan sebesar 11%.

Wabtec FLXdrive dideskripsikan sebagai lokomotif bertenaga baterai 100% pertama di dunia. Ini menggunakan 18.000 sel baterai lithium untuk menggerakkan keempat gandarnya, dan menggunakan manajemen aliran energi pintar untuk mengoptimalkan efisiensi.

Dilansir dari New Atlas (22/5), baterai tersebut dapat diisi ulang di depot seperti halnya kendaraan listrik. Lokomotif juga menggunakan sistem pengereman regeneratif untuk mengisi ulang baterainya saat berjalan. Baterai ini memiliki kapasitas 2,4 megawatt jam, 32 kali lebih besar daripada Tesla Model 3 dengan baterai 74 kilowatt jam.

FLXdrive pernah diuji sebagai bagian dari sistem hibrida dengan mesin diesel konvensional selama 3 bulan, di mana ia menempuh lebih dari 21.400 km dengan medan berbukit. Menurut Wabtec, pengurangan rata-rata 11% konsumsi bahan bakar untuk seluruh kereta setara dengan 6.200 galon solar, atau sekitar 69 ton CO2.

Wabtec ingin memanfaatkan hasil yang menjanjikan dengan versi yang lebih besar dan lebih baik, dengan meningkatkan kapasitas hingga lebih dari 6 MWh. Ini diharapkan dapat memangkas konsumsi bahan bakar dan emisi karbon sebanyak 30%. Mereka juga berencana untuk mengkomersialkan lokomotif FLXdrive generasi kedua ini, dengan harapan dapat meluncurkannya ke rute pengiriman barang.

Share
×
tekid
back to top