Lensa kontak ini punya kemampuan zoom

Sekelompok ilmuwan berhasil mengembangkan purwarupa lensa kontak dengan fitur zoom. Sayangnya penggunaan lensa kontak ini masih sangat terbatas.

Lensa kontak ini punya kemampuan zoom Source: Pexels

Lensa kontak bukan lagi menjadi hal baru. Bahkan beberapa peneliti pernah membuat lensa kontak yang dapat mendeteksi kadar gula pemakainya. Tetapi apa jadinya kalau lensa kontak bisa melakukan zoom seperti halnya lensa kamera? 

Ya itulah yang ternyata berhasil dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas California, San Diego. Mereka berhasil menciptakan purwarupa lensa kontak yang dapat dikontrol dengan gerakan mata. Pengguna nantinya dapat melakukan pembesaran gambar hanya dengan mengedipkan mata dua kali. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Peneliti berhasil tumbuhkan kapas di Bulan

Ilmuwan buat teori elevator dari Bumi ke Bulan

Ilmuwan berhasil hasilkan energi dari udara dingin


Dilansir dari Engadget (30/7), lensa kontak ini terbuat dari bahan polimer yang elastis. Lensa kontak ini nantinya akan merespon sinyal elektrik yang dihasilkan dari gerakan mata penggunanya. Sinyal ini dikenal sebagai electrooculographic. 

Sinyal ini akan muncul ketika bola mata digerakkan. Bahkan ketika dalam keadaan tertidur, sinyal ini akan terus dihasilkan ketika mata bergerak. 

“Bahkan saat anda tidak bisa melihat apapun, setiap orang masih dapat menggerakkan mata mereka dan menghasilkan sinyal electrooculographic ini.” ujar Shengqiang Cai, kepala penelitian tersebut. 

Namun ini masih merupakan purwarupa dan hanya bekerja dengan perlengkapan khusus saja. Tak hanya itu, penggunaannya sampai saat ini masih membutuhkan banyak elektroda yang dipasang di sekitar mata penggunanya. 

Para peneliti itu berharap penemuan mereka ini dapat digunakan dalam kasus nyata, misalnya dimanfaatkan sebagai kacamata yang dapat disesuaikan atau digunakan untuk mengendalikan robot dari jarak jauh di masa depan. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Sains