sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Selasa, 06 Okt 2020 11:53 WIB

Layar ponsel mendatang kemungkinan pakai kayu transparan

Laporan mengatakan bahwa kayu transparan 5 kali lebih efisien dalm hal termal, tahan lama, dan lebih ringan dari kaca.

Layar ponsel mendatang kemungkinan pakai kayu transparan
Source: USDA Forest Service via Gizmochina

Belum lama ini ada sebuah penelitian baru yang menunjukkan bahwa material transparan yang terbuat dari kayu dapat menggantikan kaca di masa mendatang. Ada kemungkinan pula bahwa bahan kaca tersebut juga akan hadir di layar ponsel.

Penelitian ini dipublikasikan di situs USDA (Departemen Pertanian AS), sebagaimana dilaporkan oleh PhoneArena. Ilmuwan Junyong Zhu melakukan penelitian tersebut bersama-sama dengan Universitas Maryland dan Colorado. Dilansir dari Gizmochina (6/10), tim peneliti tersebut telah mengembangkan bahan yang terbuat dari kayu Balsa. Dan menurut para ahli, kayu transparan lebih tahan lama dan lebih ringan dari kaca.

Berada dalam genus tumbuhan berbunga, pohon ini tumbuh lebih cepat dan bisa mencapai ketinggian 30 meter. Ini sudah dapat diterapkan secara luas di bidang pembuatan model, pengepakan, isolasi, dan perangkat pelampung. Kayu dari pohon Balsa mengalami rendaman oksidasi pada suhu kamar. Selain itu, digunakan alkohol polivinil (PVA) agar membuatnya hampir transparan seperci kaca.

Laporan mengatakan bahwa kayu transparan 5 kali lebih efisien dalm hal termal, tahan lama, dan lebih ringan dari kaca. Kehadiran selulosa alami, jika dikombinasikan dengan polimer PVA, kabarnya akan membuat bahan transparan tersebut bengkok. Selain itu, material serpihannya tidak seperti kaca ketika pecah. Artinya kayu transparan tidak akan robek menjadi potongan kecil berbentuk spikula jika rusak.

Lebih lanjut laporan tersebut mengatakan bahwa pembuatan kaca membutuhkan lebih banyak energi, jejak karbon, dan emisi hingga 25.000 mentrik ton per tahun. oleh karena itu, pengembangan bahan transparan dapat membantu mengurangi hal ini di masa depan dan juga berkelanjutan.

Terobosan ini diharapkan dapat digunakan oleh industri teknologi layar elektronik dan otomotif. Oleh karenanya, material transparan ini kemungkinan juga akan hadir di layar ponsel.

Share
×
tekid
back to top