Lamborghini dan MIT kembangkan super kapasitor untuk mobil listrik

Teknologi ini sudah diuji coba pada edisi terbatas Lamborghini Sian dan mobil konsep Terzo Millenio.

Lamborghini dan MIT kembangkan super kapasitor untuk mobil listrik

Tampaknya Lamborghini ingin lebih meramaikan kancah mobil hibrida dan listrik. Uniknya pabrikan mobil mewah tersebut tidak ingin membuat mobil bertenaga baterai. Lamborghini mencoba sesuatu yang sama sekali berbeda. Dilansir dari Digital Trends (6/11), mereka ingin bekerja sama dengan MIT demi mengembangkan super kapasitor untuk mobil listrik.

Sebenarnya proyek ini sudah dijalankan kedua pihak sejak tiga tahun lalu. Teknologi ini sudah diuji coba pada edisi terbatas Lamborghini Sian dan mobil konsep Terzo Millenio, tetapi kini para penelitinya mengambil langkah untuk menjadikan super kapasitor sebagai pesaing sejati baterai. Departemen kimia MIT dan Lamborghini telah bersama-sama mengajukan paten agar dapat membuat super kapasitor menjadi mainsteam.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Feri listrik ini punya baterai 56 ton

Peneliti berhasil gandakan kapasitas baterai

Ilmuwan kembangkan baterai baru khusus untuk energi terbarukan


Meski aplikasi teknologi super kapasitor ini pada industri otomotif saat ini terbatas, super kapasitor menawarkan beberapa manfaat potensial dibandingkan baterai. Teknologi tersebut dapat mengisi dan mengeluarkan listrik lebih cepat, serta menawarkan kepadatan energi yang lebih besar, artinya dapat menyimpan lebih banyak daya listrik. Lamborghini mengklaim peningkatan kepadatan energinya mencapai 100 persen dibandingkan dengan teknologi baterau yang ada saat ini.

Paten Lamborghini dan MIT sendiri disebut sebagai “kerangka logam organik”. Ini adalah molekul yang ideal bagi elektroda super kapasitor. Bahan yang terbuat dari molekul-molekul ini memiliki luas permukaan yang besar, yang berarti dapat menampung muatan listrik lebih banyak.

Pabrikan otomotif asal Italia tersebut memperkenalkan super kapasitor secara terbatas dalam mobil hibrida Sian. Super kapasitor menyediakan listrik ke motor kecil yang hanya dapat menggerakkan mobil pada kecepatan rendah. Motor listrik ini hanya menyediakan tenaga 34 hp. Sisanya tenaganya dikontribusi oleh mesin V12.

Lamborghini juga diperkirakan akan meluncurkan mobil listrik pertamanya pada tahun 2025. Namun model itu dilaporkan akan berbasis Volkswagen Group Premium Platform Electric seperti Porsche Taycan dan Audi E-Tron GT, yang berarti akan menggunakan baterai lithium-ion konvensional sebagai sumber energi utamanya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: